DAMPAK BULLYING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA

Siti Taufiqoh, Chaerunisa Ananthya, Zeni Melia, Esa Aulia, Rama Krystanti, Milfa Choirunisa, Margaretha Silalahi, Rahayu Sabrina, Siti Novianti, Ahmad Nugroho

Abstract


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami sebagai mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Esa Unggul dapat melakukan wawancara di MAN 17 JAKARTA. Kegiatan wawancara ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari narasumber. Dengan dilaksanakannya kegiatan wawancara ini, kami berharap dapat memenuhi tugas dosen Pendidikan Karakter Unggul dan mendapatkan nilai yang baik. Adapun tujuan kami melakukan penelitian ini yaitu untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Karakter Unggul, mengetahui ada tidaknya bullying di MAN 17 JAKARTA, memahami dan menguasai kegiatan wawancara, memperoleh informasi. Dalam penelitian ini kami menggunakan metode wawancara dengan informan dan juga mengisi google form dengan membagikan scan QR kepada siswa. Dari penelitian yang kami lakukan di MAN 17 JAKARTA dapat disimpulkan bahwa bullying dapat mempengaruhi sikap disiplin seorang siswa, bahkan ada juga beberapa siswa yang menjadi korban bullying baik dulu maupun sekarang ketika mereka masuk SMA.


Kata kunci: wawancara, bullying, siswa


References


Agus Samsudi, M. Muhid, Abdul. 2020. EFEK BULLYING TERHADAP PROSES BELAJAR SISWA. Surabaya: UIN Sunan Ampel. Melalui, https://ejournal.insuripo norogo.ac.id/index.php/scaffolding/article/download/466/319/

Asie Tumon, Matraisa Bara. 2014. Studi Deskriptif Perilaku bullying pada remaja. Surabaya: UBAYA. Melalui, https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/a rticle/view/1520/1239


Refbacks

  • There are currently no refbacks.