PERAN PENTING GURU TERHADAP SISWA DI SEKOLAH DALAM HAL MENCEGAH DISINTEGRASI YANG DISEBABKAN OLEH SIFAT INTOLERANSI

Syahrial Syarbaini, Alvian Totonafo Mendrofa, Noval Pratama, Aryo Kresno Nugroho, Muhammad Rizky Nurfajar

Abstract


Penduduk Indonesia dengan karakteristik yang uniknya serta beranekaragam dan sering akan terjadinya konflik internal di dalamnya. Konflik yang menjadi bumerang bagi negara Indonesianya itu sendiri berasal dari warganya sendiri, seperti gerakan memisahkan diri dan revolusi yang akan menjadi pemicu disintegrasi bangsa. Paham penduduk Indonesia mengenai warga Indonesia yang mempunyai banyak unsur keberagaman di dalamnya berasas bahwa warga Indonesia tercipta dengan berbagai macam agama, ras, bahasa, dan juga memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang bermacam-macam. Karya tulis ilmiah ini akan membahas tentang peranan seorang guru atau pengajar di sekolah dalam mencegah disintegerasi bangsa yang disebabkan oleh sifat Intoleransi. Dalam keadaan warga Indonesia yang beranekaragaman, pasti perlu diadakan penguatan kembali dalam wawasan kebangsaaan agar mewujudkan rasa cinta dan persatuan Indonesia dan mencegah disintegrasi. Pengembangan wawasan kebangsaan menjadi hal yang sangat penting dalam upaya membangun di tengah warga bangsa yang bersatu. Salah satu penguatan wawasan kebangsaan adalah dengan upaya pendidikan sebagai upaya alternatif. Apalagi warga negara muda yaitu siswa/siswi sangat memerlukan wawasan kebangsaan sebagai calon generasi penerus bangsa. Maka dari itu guru atau pengajar di sekolah akan memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik supaya tidak timbul sifat intoleransi pada lingkungan sekolah.

Kata kunci: Intoleransi, Disintegrasi bangsa, wawasan kebangsaan.


References


Ali Ridho, Thibburruhany (2019). Prinsip Toleransi Beragama Sebagai Pondasi Membangun Peradaban Islam Di Era Modern

Modul PPKN SMP Terbuka Keberagaman Suku, Ras, Agama, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika untuk kelas VII terbitan Direktorat SMP tahun 2020.

Kumparan. (2018,Maret 2). Sikap Intoleransi Sekolah Viral, DISDIKPORA DIYTindak Tegas.

Sundawa, Dadang (2017). Penguatan Karakter Mahasiswa Yang Berwawasan Kebangsaan Dalam Menghadapi Tantangan Disintegerasi Bangsa

Okebola (2021,November 1). Kena Serangan Rasisme, Wilfried Zaha Dapati Ada Pelaku dari Indonesia

Kompas (2019,November 16). Ini Tiga Sebab Menguatnya Sikap Intoleransi di Indonesia Versi Polri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.