PANDANGAN GEN X TERHADAP ETIKA GEN Z DI DUNIA PENDIDIKAN

Alfayed Kohondi, Qaulan Maaruf, Ricardo Daniel Musa Pietersz, Noor Haliza, Maylani Dyan Safitri, Armelia Rante Sau, Lizifa Fauziah, Trusty Pramudia Ika Saptarini, Veronika Yulia Putri Nita, Ncum Sarminawati

Abstract


Dalam era transformasi pendidikan yang ditandai oleh perkembangan teknologi dan pergeseran nilai sosial, pandangan generasi X terhadap etika generasi Z di dunia pendidikan menjadi hal yang kritis untuk dipahami. Generasi X, sebagai pengajar dan pengelola di sistem pendidikan, menghadapi dinamika unik dalam berinteraksi dengan generasi Z yang lahir di tengahtengah revolusi digital dan perubahan budaya yang signifikan. Artikel ini membahas bagaimana pandangan generasi X membentuk persepsi mereka terhadap etika generasi Z dalam konteks pendidikan. Dengan fokus pada aspek-aspek seperti, penggunaan teknologi untuk sekolah, dan perubahan budaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasilnya dapat memberikan wawasan tentang perbedaan nilai, harapan, dan tantangan yang dihadapi oleh kedua generasi ini dalam membentuk etika pendidikan. Kesimpulannya, artikel ini menyoroti pentingnya harmonisasi nilai dan etika antara generasi X dan generasi Z sebagai landasan untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkelanjutan dan adaptif di masa depan.

Kata kunci : Generasi X, Generasi Z, Etika Pendidikan, Perubahan Budaya, Teknologi Pendidikan, lingkungan pendidikan inklusif


References


Efianingrum, A., Maryani, M., Sukardi, J. S., Hanum, F., & Dwiningrum, S. I. A. (2022). Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan. Humanika, 22(1), 1–20. https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.49102

Rakhmah, D. N., & Azizah, S. N. (2020). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Masyarakat Indonesia, 46/1(Juni).

Rofiq, M., Anam, K., & Nursikin, M. (2022). Strategi Pengembangan Pendidikan Nilai Pada Generasi Milenial. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.54783/jin.v4i2.5 42

Sugiyono 2019. (2018). Sugiyono- Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (Ed.); edisi kedua). Alfabeta. Metode Penelitian, 32–41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.