PANDANGAN GEN Z TERHADAP MINAT DALAM RAGAM HIAS BERBATIK

Sthifany Angrina. L, Zaklyna Mustika Aminah, Nabilla Rizka Chamila, Narda Asfer, Ayu Liba Sutaqwa, Nabila Zania Cahya Hidayat, Rabina Yuliani Putri

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan minat gen Z terhadap ragam hias berbatik yang dapat bertahan atau tidak di kalangan modern yang telah banyak terikut gaya barat, dan untuk mengetahui cara mempertahankan, melestarikan ragam hias batik di kalangan modern. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner kepada ± 59 orang dengan rentang umur 18-26 tahun (gen Z). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,6% gen Z menyatakan batik dapat bertahan di kalangan modern yang telah banyak terikut gaya barat, namun 3,4% gen Z menyatakan batik tidak dapat bertahan di kalangan modern.

Kata kunci : Pandangan, Gen Z, Batik, Kalangan Modern


References


Amin, dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampkanya Pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 17 No 1 Desember 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Poerwadarminta WJS, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka, Jakarta.

Seemiller, Corey and Grace Meghan. (2019). Generation Z: A Century in the Making. New York: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.