PERSEPSI SISWA - SISWI SMA NEGERI 1 BUNGO TERHADAP PERBEDAAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN SIFAT TOLERANSI ANTAR AGAMA KEPADA PESERTA DIDIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Hengky Cristofer Fernando, Jehovyah Daniela Zebaqth, Isabella Christine, Levy Tourino Penders, Delvi Nasution, Eunike Anugrah Putri Sumanto, Theresia Meylani Winei

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur jumlah siswa-siswi SMA Negeri 1 Bungo yang memahami toleransi antar agama di lingkungan sekolahnya dan mengetahui peran pihak sekolah SMA Negeri 1 Bungo dalam memberikan wawasan mengenai toleransi antar agama di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,7% dapat memahami toleransi antar agama dan peran dari sekolah juga sudah baik. Oleh karena itu, para guru dapat membuat ruang diskusi atau perbincangan yang terbuka serta menguatkan strategi pembelajaran yang mendukung toleransi antar agama.

Kata kunci : toleransi, agama, lingkungan sekola


References


Safrilsyah, ., & Mauliana, . (2015). Sikap Toleransi Beragamadi Kalangan

Siswa Sma Di Banda Aceh. Substantia, 17(1), 103–120.

Tillman, Diane. 2004. Living Values Activities for Young Adults. (Risa. P & Ellen Sirait, Penerj.). Jakarta : Grasindo. Poerwadarminta W.J.S. 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Obinyan, E. 2004. Dif erential adolescent delinquency tolerance and the

ef ect of race and gender. Dissertation (unpublished). Florida: University of South Florida. Novita, Cicik. (2022, 28 Juli). Apa Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli dan Contohnya? [Artikel Online]. Diakses dari https://tirto.id/guxz

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.