SIKAP KEPEDULIAN SISWA/I TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMPN 13 TANGERANG

Sabrina Ratu Alafifah, Dwi Puji Setyaningsih, Fhanie Yong, Natasha Dajanicqe Thaxter, Ayesha Salsabila Bilqis, Heliyah Ajeng Siti Alifah, Farsya Aulia, Obi Robiah, Asyifa Khoirunnisa, Indah Fatma Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepekaan dan kelestarian lingkungan sekolah melalui penggunaan kuisioner online dengan menggunakan platform Google Form. Metode penelitian melibatkan responden yang terdiri dari siswa/i, dimana mereka diminta untuk memberikan tanggapan terkaitan pemahaman, sikap, dan tindakan mereka terhadap isu-isu lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang dirancang untuk mengukur kesadaran siswa/i. Hasil dari survei ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang sejauh mana siswa/i memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan sekolah dan bagaimana tindakan mereka untuk mendukung upaya pelestarian alam. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dengan memanfaatkan kemudahan akses dan pengolahan data secara digital. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik untuk mengidentifikasi pola-pola umum dan perbedaan signifikan antara kelompok responden. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi dalam mengarahkan upaya pelestarian lingkungan sekolah melalui pemahaman lebih lanjut tentang tingkat kesadaran dan tindakan yang diambil oleh siswa/i. Selain itu, penggunaan platform digital seperti Google Form diharapkan dapat memberikan efisiensi dalam pengumpulan dan analisis data untuk penelitian keberlanjutan di masa depan.

Kata kunci : Sikap, lingkungan, SMP


References


Sudijono, A. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Amalia, N.H. 2015. Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata Sebagai Sumber Belajar Bagi Peserta Didik. (Studi Kasus SMP Negeri 2 Depok). Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Hidayatullah, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.