IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM UPAYA BELA NEGARA PADA GENERASI Z

Melani Dwi Prastyaningsih, Qeysya Salsabila, Irma Alfinatus Solikhah, Virginia Maisya Maijestin Pesik, Ananda Khaidatul Umi, Chalsa Billah Sasmita, Irene Paskalia Kalensang, Djulia Djumara, Jenifer Jenifer

Abstract


Pancasila merupakan ideologi terbuka yang dinamis. Nilai-nilai Pancasila harus dipahami oleh masyarakat karena Pancasila memiliki fungsi sebagai pandangan hidup serta ideologi negara. Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari penting dilakukan demi menciptakan kehidupan bernegara yang harmonis. Namun, pada saat ini pengetahuan dan pemahaman terhadap butir-butir Pancasila dan dalam pengimplementasiannya semakin hari semakin pudar seiring berkembangnya sosial budaya di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan butir-butir Pancasila dan menjelaskan implementasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat karena Pancasila perlu dihayati dan diamalkan dalam kehidupan masyarakat khususnya generasi Z sebagai generasi penerus bangsa.

Kata kunci: Pancasila, nilai-nilai, implementasi, generasi Z, sosial


References


Abubakar, I., Hemay, I., Nasution, Y. E., & Humaidi. (2018). Membumikan

Pancasila untuk bina damai dan resolusi konflik sosial (1st ed.). Badan

Pengkajian MPR RI.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif (10th ed.). PT.

Remaja Rosdakarya.

Ningsih, I. S. (2021). Hakikat Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi

negara. OSF Preprints, 7, 1. https://drive.google.com/file/d/13rLIkoAoa2Hx47Jta7rl3Uc4jdciNDKD/vie

w?usp=drive_link

Oesman, O., & Alfian. (1992). Pancasila sebagai ideologi dalam berbagai

bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. BP-7 Pusat.

Pattipeilohy, L., & Saingo, Y. A. (2023). Pancasila sebagai dasar sistem

kesejahteraan masyarakat Indonesia. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin,

(10), 355–365.

Permana, I. K. (2021). Peran generasi Z untuk bela negara serta pemahaman nilai Pancasila, dalam berbangsa dan bernegara. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Studi Media, 6(2), 160–167. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialog/article/view/1950/1102


Refbacks

  • There are currently no refbacks.