DAMPAK PERUNDUNGAN DALAM LINGKUNGAN KANTOR
Abstract
Bullying di tempat kerja merupakan salah satu fenomena organisasi yang mendapat banyak perhatian dari banyak pihak, baik akademisi maupun praktisi. Penindasan di tempat kerja seperti fenomena gunung es. Ia ada namun sulit untuk diungkapkan dan diangkat ke permukaan. Fenomena ini dapat dilihat secara praktis dan metodologis. Secara praktis, hal ini disebabkan oleh kepasifan dan tindakan diam dari korban atau saksi mata bullying, dan secara metodologis, belum ditemukannya konsep standar bullying di tempat kerja yang menyebabkan kurangnya penelitian tentang bullying di tempat kerja. Dalam artikel ini, penulis mencoba meninjau konsep dan konstruksi bullying di tempat kerja, dimulai dengan meninjau masalah definisi, termasuk jenis, frekuensi, & durasi tindakan bullying, dan mempertimbangkan peran nilai dan norma budaya tempat kerja dalam mempengaruhi persepsi tentang perilaku intimidasi.
Kata kunci : konsep; konstruksi; intimidasi di tempat kerja
References
Andi Halimah, dkk, 2015, Persepsi pada Bystander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP, Jurnal Psikologi Vol.42
Ayu Muspita, Nurhasanah, Martunis,2017, Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Siswa SD Negeri Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol.2
Blog gajigesa. (2022), perundungan-di- tempat-kerja, (arikel online) Diakses dari https://gajigesa.com/perundungan-di- tempat-kerja/
Coloroso, B. (2013). The Bully, The Bullied, and The Bystander. New York: HarperCollins
Cynantia Rachmijati: Bullying Dalam Dunia Pendidikan, diakses pada tanggal 3 Maret 2017 pada
generasiindonesiaantibullying.wordpress.c om/2014/02/13/dampak-dampakbullying
Destriyana, Blog 2012, merdeka.com gaya 5 faktor penyebab terjadi bullying di kantor, (artikel oline).
Diakses dari https://www.merdeka.com/gaya/5-faktor- penyebab-terjadi-bullying-di-kantor.html
Di Sekolah Dasar Kawasan Beresiko Kota Yogyakarta, Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Fitria Cakrawati,2015, Bullying, Siapa Takut? Cet.I, Tiga Ananda, Solo
Fitrian Saefullah, 2016, Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Bullying Pada SiswaSiswi SMP, Ejournal Psikologi
Helen C. & Dawn J , 2013, Penanganan Kekerasaan di Sekolah (Pendekatan Lingkup Sekolah Untuk Mencapai Praktik Terbaik), Penerjemah : Ursula Gyani, PT.Indeks, Jakarta
Murfiah Dewi Wulandari dan Rahmawati Dewi Mustikasari, Fenomena Bullying Di Sd Negeri 3
Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper, ISBN: 978-602-70471-1-2, PGSD FKIP Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Nurul Hidayati, 2012, Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik, INSAN Vol.14 No.01 Programme for International Students Assessment (PISA) 2018
Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.
Yuli Permata Sari, Welhendri Azwar, 2017, Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 01
Painan, Sumatera Barat, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, ISSN: 2614-6215, Vol. 10,No.2 https://www.academia.edu/42980506/Karya_Tulis_Ilmiah_DAMPAK_BULLYING
Refbacks
- There are currently no refbacks.