BULLYING DI MEDIA SOSIAL DALAM KONTEKS LINGKUNGAN KAMPUS ESA UNGGUL BEKASI: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAK TERHADAP KESEJATERAAN MAHASISWA

Aidhil Fadly, Muhammad Naufal Rafif Hibatullah, Abimanyu Ichsan Utomo, Fawwaz Ziyad An Naafis, Muhamad Fachri Ali, Ardiansyah Ardiansyah, Ahmad Arjuna Ijlal Ali, Rendi Maulana, Faiz Afif Hakim, Muhammad Avisena Fialdi

Abstract


Bullying di media sosial telah menjadi fenomena yang semakin meresahkan, terutama di lingkungan kampus Esa Unggul Bekasi. Artikel ilmiah ini bertujuan untuk menginvestigasi secara mendalam faktor-faktor penyebab dan dampak dari perilaku bullying di media sosial di kalangan mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan analisis kuesioner, penelitian ini memaparkan dinamika bullying yang terjadi dalam konteks lingkungan akademis. Fokus utama adalah mengeksplorasi bagaimana bullying di media sosial mempengaruhi interaksi antarmahasiswa, suasana akademis, dan kesejahteraan psikologis. Melalui analisis yang cermat, artikel ini juga memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang urgensi keselamatan mental mahasiswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk pengembangan kebijakan atau program intervensi yang efektif dalam mengatasi dan mencegah bullying di media sosial di lingkungan kampus Esa Unggul Bekasi.

Kata Kunci: Media sosial, bullying, dampak psikologis


References


Aini, D. F. N. (2018). Self Esteem Pada Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Pencegahan Kasus Bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Jp2sd), 6(1), 36.

Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal. Nursing News, 4(1), 54–66.

Dian Prajarini, S. T., & Eng, M. (2020). Media Sosial PeriklananInstagram. Deepublish.

Yusuf, A., & Haslinda. (2018). Perilaku Bullying Remaja (Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Kahu Kab. Bone). Prosiding Seminar Nasional Pendididkan, 1(1), 158–173.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.