MEWUJUDKAN INDONESIA EMAS MELALUI KARAKTER BELA NEGARA DAN CINTA TANAH AIR

Keysha Saqila Zhalafia Moch, Syifaulafifah Syifaulafifah, Ulia Fitri, Berliana Haqi Pradita, Ahmad Dhiya Surury, Muhammad Fatih Alfarisi, Vincent Wong, Ida Fadhilah, Raden Roro Syafirly Noorazhra Saecha Gariadjie, Kristoforus Owen Sunjaya

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan karakter bela negara dan cinta tanah air pada Generasi Z untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan rumusan masalah: pertama, bagaimana tingkat serta dampak apabila rendahnya kedasaran bela negara bagi Generasi Z, upaya yang dilakukan, bentuk kontribusi yang dapat diberikan setiap individu; kedua, bagaimana hubungan keamanan nasional, partisipasi warga dan dampak globalisasi terhadap pertahanan bela negara; ketiga, penyebab dari lunturnya cinta tanah air. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode gabungan. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan menganalisis data kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Generasi Z memiliki kesadaran bela negara yang lebih tinggi. Secara tidak sengaja, banyak Generasi Z yang melindungi negaranya secara fisik atau nonfisik melalui belajar dan mendapatkan prestasi, mematuhi aturan dan hukum yang telah ditetapkan, serta menunjukkan sikap toleransi. Dengan demikian, diharapkan seluruh masyarakat khususnya Generasi Z berperan menjaga keutuhan NKRI serta memberikan dukungan moral dan spiritual untuk memajukan upaya pertahanan negara.

Kata kunci: Indonesia Emas Tahun 2045


References


Ahsan, A. N., & Hifni, M. (2023). PEMBANGUNAN KARAKTER GENERASI MUDA BEBAS KEKERASAN MENUJU GENERASI EMAS INDONESIA 2045 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN NASIONAL. JURNAL ELEKTROSISTA, 11(1), 76–90.

Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Bela Negara Di Era

Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Journal on Education, 3(3), 236–247.

Daud, D., & Triadi, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(4), 134–139.

Dewita, E., & Maiseptian, F. (2023). Peningkatan Sikap Cinta Tanah Air

Remaja Menggunakan Bimbingan Kelompok Media Ular Tangga di Panti Asuhan Aisyiyah. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 14(1), 43–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.