Maraknya Cyberbullying Di Era Informasi

Lusiana Lusiana, Yohana Putri Ambarita, Berliana Sekar Langit, Reinhart Pardede, Afif Rafi Budiman, Naomi Kezia Riana Saragih, Theresia Maya Relita, Vincent Austin

Abstract


Cyberbullying atau penindasan yang terjadi di dunia maya adalah salah satu dampak negatif dari pesatnya kemajuan teknologi dan media sosial. Cyberbullying, seperti yang terjadi pada seorang transgender, hal ini dapat terjadi pada siapapun. Karena analisis data kami dilakukan secara verbal, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk penelitian ini, subjeknya dipilih secara purposive sampling, yang berarti pengambilan sumber data dilakukan secara khusus untuk mempelajari lebih lanjut tentang individu yang mengalami masalah perilaku cyberbullying. Peran dukungan sosial adalah komponen yang paling penting dalam melindungi individu transgender dari cyberbullying. Peran ini dapat membantu individu transgender mengatasi efek negatif dari cyberbullying yang mereka alami.

Kata kunci: Cyberbullying, media sosial, transgender


References


Putri, S. A. (2015). Minoritisasi LGBT Di Indonesia: Cyberbullying Pada Akun Instagram @denarachman.ejornal.undip.ac.id.

Venina, A. Y., Dwiningtyas, H., & Rahmiaji, L. R. (2021). Memahami Fenomena Cyberbullying yang Terjadi Terhadap Transgender.

eprints2.undip.ac.id.

Yulieta, F. T., Syafira, H. N., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental.

Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.