HOAKS SEBAGAI SENJATA MENAIKKAN SUARA DI PEMILU 2024

Gina Handayani, Elvinaria Br Panjaitan, Silva Vaulian Nur Avivi, Christian Josia Lumbantoruan, Mohammad Hafizh, Ramadhan Dzaki Atthoriq, Alvian Damar Kusuma, Syani Meiarivi Yanti, Ria Ramadhani, Naomi Adriani Gea

Abstract


Menjelang Pemilihan Umum 2024, terjadi peningkatan jumlah hoaks yang berhubungan dengan pemilu. Mengutip dari siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dalam periode Januari samapai dengan Oktober 2023 terdapat kenaikan hampir 10 kali lipat dibandingkan pada periode tahun 2022. Umumnya hoaks terkait pemilu bertujuan untuk mempengaruhi persepsi dan keputusan pembaca dan masyarakat pada umumnya yang pada akhirnya ditargetkan untuk menaikkan jumlah perolehan suara calon yang didukung oleh pelaku penyebar hoaks. Penelitian ini mengkaji pengaruh berita hoax terhadap perubahan persepsi dan keputusan pililhan calon pemilih pada pemilu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari hasil observasi media sosial, kajian pusataka, serta wawancara narasumber yang merupakan calon pemilih di pemilu 2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan hoaks selain dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan calon pemilih namun juga dapat memberikan efek negatif di tengah masyarakat berupa munculnya polarisasi dan konflik sosial dan juga terkikisnya kepercayaan masyarakat pada sistem pemilu dan sistem demokrasi di Indonesia.

Kata kunci: Hoaks, Pemilihan Umum, Pemilu 2024


References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV.

Syakir Media Press.

Ahmad, S., & Hotimah, H. (2018). Hoaks Dalam Kajian Pemikiran Islam dan Hukum Positif. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar’I, 5(3), 291-306.

Bab, I. V. (1999). Hasil Penelitian dan Pembahasan. MENENGAH, 51.

Delmana, L. P. (n.d.). STRATEGI PENANGANAN HOAKS PEMILU MELALUI

PENERAPAN SMART CONTRACT LOGIC SERTA SISTEM DETEKSI HOAKS

OTOMATIS. www.journal.kpu.go.id

Fahrudin, A., & Billah, A. (2023). MODELING MANAJEMEN INFORMASI DAN VERIFIKASI BERITA MENJELANG PEMILU DAN PEMILIHAN 2024: SEBUAH STUDI PRELIMINARY TENTANG UPAYA MENCEGAH BLACK CAMPAIGN DAN HOAX. www.journal.kpu.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.