IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP KEHIDUPANKEHIDUPAN DI SMPN 6 TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI PROVINSI JAWA BARAT
Abstract
Implementasi nilai-nilai Pancasila di dalam berbagai sektor kehidupan merupakan upaya untuk membentuk masyarakat yang adil, demokratis, dan bermoral. Dalam konteks ini, prinsip-prinsip Pancasila seperti ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat menjadi pedoman utama. Penerapan nilai-nilai ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, dan institusi, menciptakan landasan kuat bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi. Implementasi nilai-nilai Pancasila bukan hanya sebagai formalitas, tetapisebagai kunci utama dalam membentuk karakter bangsa dan menjaga keutuhan negara.
Kata Kunci: implementasi, nilai-nilai, pancasila
References
Kartini, D., & Dewi, D. (2020). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. 3(1). https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/1304
Khaerunisa Syaumi, I., & Anggraeni Dewi, D. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis kurikulum, Grasindo, Jakarta, 2002, hal 70
Rahayu, Ani Sri. PENDIDIKAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN (PPKn).
Edited by Restu Damayanti. Cetakan 1. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.
Rizqi, H., Berlianti, Y., & Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, P.(2021). HUBUNGAN MATA PELAJARAN PANCASILA DI SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI PANCASILA PADA PELAJAR. In Jurnal Pancasila dan Bela Negara (Vol. 1, Issue 1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.