IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP KEHIDUPANKEHIDUPAN DI SMPN 6 TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI PROVINSI JAWA BARAT

Raisya Nanda Salsabila, Laudry Rachel Charoline, Maulida Sayyidatul Azkiya, Talitha Salsabila, Shiva Augia, Jatmikaning Sehutamisiwi, Tiara Yovitakarin Aryani, Nailah Cahaya Putri, Astrid Rosminar Hidayat, Elysa Tri Cahyani

Abstract


Implementasi nilai-nilai Pancasila di dalam berbagai sektor kehidupan merupakan upaya untuk membentuk masyarakat yang adil, demokratis, dan bermoral. Dalam konteks ini, prinsip-prinsip Pancasila seperti ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta keadilan sosial bagi seluruh rakyat menjadi pedoman utama. Penerapan nilai-nilai ini melibatkan seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, dan institusi, menciptakan landasan kuat bagi pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi. Implementasi nilai-nilai Pancasila bukan hanya sebagai formalitas, tetapisebagai kunci utama dalam membentuk karakter bangsa dan menjaga keutuhan negara.

Kata Kunci: implementasi, nilai-nilai, pancasila


References


Kartini, D., & Dewi, D. (2020). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. 3(1). https://ummaspul.ejournal.id/Edupsycouns/article/view/1304

Khaerunisa Syaumi, I., & Anggraeni Dewi, D. (2022). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis kurikulum, Grasindo, Jakarta, 2002, hal 70

Rahayu, Ani Sri. PENDIDIKAN PANCASILA & KEWARGANEGARAAN (PPKn).

Edited by Restu Damayanti. Cetakan 1. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Rizqi, H., Berlianti, Y., & Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang, P.(2021). HUBUNGAN MATA PELAJARAN PANCASILA DI SEKOLAH TERHADAP IMPLEMENTASI PANCASILA PADA PELAJAR. In Jurnal Pancasila dan Bela Negara (Vol. 1, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.