DAMPAK PERUNDUNGAN EMOSIONAL TERHADAP KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA CENGKARENG 1

Savyola Xelynda, Yuli Febrianti, Syifa Fara Sabina, Aldila Aldila, Feby Shayren Nurhikmah, Viska Dwi Julianti, Riska Afrilia, Stefany Julianti, Salsa Nabila, Suwendi Suwendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak perundungan emosional terhadap kesehatan mental pada siswa kelas XI di SMA Cengkareng 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu pendekatan yang melibatkan pemahaman mendalam terhadap fenomena tertentu, menggali detail kasus per kasus, dan memperhatikan keragaman sifat masalah yang sedang diteliti. Dalam penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran yang kompleks, meneliti kata-kata, dan menganalisis laporan terperinci dari sudut pandang responden, serta melakukan studi pada situasi yang responden alami. Dengan menggunakan metode ini, peneliti mendapatkan gambaran bahwa perundungan memiliki dampak terhadap kesehatan mental siswa. Teknik pemilihan sumber data yang digunakan ialah kuesioner dengan memberikan pertanyaan tertulis yang akan dijawab oleh responden yaitu siswa kelas XI di SMA Cengkareng 1 untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang perundungan, peneliti mencari dokumentasi dan studi literatur dari buku, arsip, dokumen, tulisan angka, dan gambar yang berupa laporan serta keterangan yang dapat mendukung penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami perundungan emosional akan berdampak pada kesehatan mentalnya seperti siswa menjadi malas untuk ke sekolah, tidak percaya diri, takut bertemu dengan orang lain, dan mendapatkan serangan kecemasan.

Kata kunci : perundungan emosional; kesehatan mental; perundungan di sekolah


References


Arief diterjemahkan oleh Furchan. (1984). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif; Suatu Pendekatan Fenomenologis Terhadap Ilmu-Ilmu Sosial. Usaha Nasional.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Edisi 4). Pustaka Belajar.

Cretivox. (2022). 100 Cerita Orang Yang Dibully. www.youtube.com.

https://youtu.be/34j4aIrrCtc?si=14l2lQHRgdlAGtaS

Derma Putri, E. (2022). Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak Serta Penanganannya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.