PENGARUH PSIKIS ANAK USIA 6-12 TAHUN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DI BIMBEL BNC CENGKARENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan psikologis anak usia 6-12 tahun di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek emosional, sosial, identitas, pengendalian diri, dan tekanan di sekolah, memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan psikologis anak. Lingkungan belajar yang tidak mendukung dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan motivasi belajar rendah pada anak-anak. Lingkungan belajar yang positif dan mendukung memiliki peran penting bagi anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta mencapai potensi akademik mereka. Bimbel BNC di Cengkareng merupakan salah satu contoh lembaga pendidikan yang memperhatikan aspek psikologis dalam pembelajaran, menciptakan suasana yang santai dan memotivasi anak-anak. Penelitian ini memberikan masukan untuk lembaga pendidikan dan orang tua dalam menyediakan lingkungan yang mendukung bagi anak-anak guna meningkatkan kesehatan psikologis mereka.
Kata Kunci: psikis anak, aktivitas belajar, bimbel
References
Arimurti, R. (2016). Bimbingan Konseling. Diambil kembali dari IAIN Kudus Repository:http://repository.iainkudus.ac.id/248/4FILE%205%20bab%202.pdf
Fadli, d. R. (2023, september). 4 Tahap Perkembangan Kognitif Anak Sesuai Tori Piagnet. Diambil kembali dari Halodoc: https://www.halodoc.com/artikel/4-tahap-perkembangan-kognitip-anaksesuai-teori-piaget
Psikologis dan Masalah Kesehatan Mental Pada Anak. Diambil kembali dari
klikdokter: https://www.klikdokter.com/ibuanak/kesehatan-anak/gangguanpsikologis-masalah-kesehatanmental-pada-anak
P, G. (2021). memahami tujuan dan fungsi pendidikan di indonesia. Diambil kembali dari gramedia: https://gramedia.com/literasi/tujuandan-fungsi-pendidikan-di-indonesia
Refbacks
- There are currently no refbacks.