DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA DI SMP TAMAN HARAPAN 1 BEKASI

Lintang Happy Salsabila, Dhea Mallika putri Kurniadi, Lulu Syafaq Afifah, Ghaida Muthia Mutmainnah, Masyita Putri Adinda, Heny Nouraeni, Annisa Nur Fadhilah, Kaila Putri Barlian, Nadhesya Dea Nurahmah, Imelda Biti Mangan

Abstract


Seorang siswa harus mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya. Seorang siswa belsjar tentang nilai-nilai, norma, dan sikap yang seringkali dipengaruhi oleh interaksi dengan teman seumurannya. Namun, dalam lingkungan teman sebaya sering terjadi kasus perundungan yang menyebabkan terganggunya psikis siswa dan menurunnya kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk tindakan perundungan yang sering terjadi di lingkungan remaja, dampak perundungan terhadap kualitas belajar siswa, dan upaya apa yang dilakukan pihak SMP Taman Harapan 1 Bekasi untuk mengatasi masalah perundungan di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa perundungan yang sering terjadi berupa perundungan verbal dan relasional. Perundungan berdampak pada kualitas belajar siswa karena siswa yang menjadi korban perundungan mengalami gangguan psikis, sulit konsentrasi dan kehilangan motivasi belajar. Pihak sekolah berupaya mengatasi masalah perundungan dengan memberikan edukasi kepada siswa mengenai bahaya n akibat yang dapat timbul karena melakukan perundungan.

Kata kunci : Dampak, Perundungan, Sekolah, Siswa, Kualitas Belajar


References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru

Dalam Pemanfaatan. Media Pembellajaran. Lantanida Journal. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.

Aristiani, N., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Perilaku Bullying

Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Gribig Kudus. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2), 166–174.

Candrawati, R., & Setyawan, A. (2023). Analisis Perilaku Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 64–68.

Hasanah, M., & Nursalim, M. (2023). Pengaruh Bullying Terhadap Percaya Diri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gresik. Jurnal BK UNESA, 13(5).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.