PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI DAN PSIKIS PELAJAR: Suatu Kajian di SMP Islam Nurul Hidayah Bekasi

Syahrial Syarbaini, Togi Pratama, Ema Putri, Puspamurti Salsabila, Safitri Handayani, Nadia Renurth, Puspamaya Salsabila, Esa Herdadi, Kamelia Santoso, Nazwa Nazifah, Theresia Hermina

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak bullying terhadap prestasi dan psikis pelajar yang dilakukan di SMP Islam Nurul Hidayah. Penelitian ini membahas tentang pembullyan yang sering terjadi di lingkungan pelajar dan seberapa banyak siswa/siswi yang paham dan menyadari tentang bullying tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode desain deskriptif kualitatif, dengan menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi.

 Kata Kunci: Bullying, pelajar, prestasi, penelitian

References


Harahap, Erlina. 2019. “DAMPAK PSIKOLOGIS SISWA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 BARUMUN.” http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/720/546

Nurhidayanti, Yeni D. 2019. “STRATEGI COPING STRESS KEJADIAN BULLYING (PERUNDUNGAN) SISWA SMP DI WILAYAH KECAMATAN BANYUMANIK.” https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm/article/view/24440/22090.

Ricardo, Edward. 2022. “Memahami Apa Itu Bullying, Penyebab, dan Cara Mengatasinya.” https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220722152857-33-357801/memahami-apa-itu-bullying-penyebab-dan-cara-mengatasinya.

Setyawan, David. 2014. “KPAI : Kasus Bullying dan Pendidikan Karakter.” https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter.

Zakiyah, Ela Z. 2017. “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI REMAJA DALAM MELAKUKAN BULLYING.” https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/14352/6931.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.