GAME DAN SOSIAL MEDIA SOSIAL PADA DEKADENSI MORAL ANAK ANAK DAN REMAJA
Abstract
Dilakukan nya penelitian ini dengan tujuan apakah ada kaitan antara game dan sosial media pada dekadensi anak dan remaja serta pengaruhnya, Upaya-upaya yang harus dilakukan oleh keluarga dan guru, untuk lebih mengawasi penggunaan game dan sosial media dan membentuk Pendidikan Karakter dengan nilai-nilai moral. Penelitian ini menggunakan dua metode penelitian yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dari data-data yang berupa angka-angka dari suatu fenomena yang diangkat dari anak-anak dan remaja serta dari hasil wawancara langsung berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dan social media memiliki pengaruh negatif dan positif bagi perkembangan pemikiran(kognitif) maupun perilaku moral anakanak dan remaja. Dampak positif sosial media adalah memudahkan untuk berinteraksi dengan banyak orang dan juga penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat. Kesimpulannya, penggunaan game dan sosial media yang inkonsistensi mengakibatkan dekadensi moral yang mengharuskan anakanak dan remaja harus paham akan pentingnya kemajuan teknologi bagi kehidupan di masa depan.
Kata Kunci : Dekadensi Moral, Pendidikan karakter, Game, Sosial Media
References
Cahyo, E. D. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER GUNA MENANGGULANGI DEKADENSI MORAL YANG TERJADI PADA SISWA
SEKOLAH DASAR. In Januari (Vol. 9, Issue 1).
Hutagalung, S., & Ferinia, R. (2021). Pengaruh dekadensi moral terhadap pendidikan karakter dan bimbingan konseling pada siswa
Kristen. Kurios, 7(1), 178. https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.217
Iskarim, M., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Pekalongan, I. (2016). Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa). In Edukasia Islamika (Vol. 1).
Jamal, N. (2016). PENGAJIAN DAN DEKADENSI MORAL REMAJA (Vol. 1, Issue 1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.