TINDAKAN PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN SMKN 1 JAKARTA

Muhammad Lutfi Rohman, Brian Wahjudi Sastra, Luthfi Apnovera, Muhammad Davi Zulvan, Kezia Julianti Hutagalung, Rivana Wina Rahmadhani, Alifia Sabri Galbina, Khaisya Khalishah Zahra, Benaya Ramadani, Alya Rahmani

Abstract


Perundungan (bullying) menjadi isu serius di Indonesia, terutama di lingkungan pendidikan. Mayoritas kasus perundungan terjadi di lingkungan pendidikan, dengan dampak serius terhadap kesejahteraan siswa baik secara psikologis maupun fisik. Jenis perundungan yang umum terjadi di Indonesia meliputi penghinaan, ejekan, kekerasan fisik, dan cyberbullying. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dengan guru bimbingan konseling dan perwakilan siswa di SMK di Jakarta. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kasus perundungan umumnya bersifat verbal dan fisik seperti pemukulan dengan adanya upaya pencegahan dan strategi penanggulangan perundungan dari pihak-pihak yang terkait di lingkungan sekolah SMKN 1 Jakarta.

Kata kunci : Pendidikan, perundungan, pencegahan


References


Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). PEMBINAAN PERILAKU SOSIAL REMAJA PENGHUNI YAYASAN ISLAM MEDIA KASIH KOTA BANDA ACEH. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah (Vol. 1, Issue 1).

Olweus, D., & Breivik, K. (2014). Plight of victims of school bullying: The opposite of wellbeing. In Handbook of Child Well-Being: Theories, Methods and Policies in Global Perspective (pp. 2593–2616). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-90-481-9063-8_100

Puspita Sari, M. (2023). Peran Siswa Sebagai Agen Perubahan Di

Dalam Mencegah Perundungan (Studi Kasus Di SMPN 17 Semarang). JURNAL HUKUM POLITIK DAN KEKUASAAN, 3(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.