GAMBARAN OBJEKTIVITAS MAHASISWA SEMESTER PERTAMA UNIVERSITAS ESA UNGGUL KAMPUS BEKASI TERHADAP BULLYING
Abstract
Perundungan atau bullying pada masa kecil dapat berefek pada kesehatan mental seseorang, namun tidak semua orang yang mengalami bullying akan mengalami masalah kesehatan mental yang serius dikarenakan adanya resilience (daya tahan mental) yang dipunya tiap orang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran objektivitas mahasiswa semester pertama Esa Unggul dalam melihat kasus bullying. Metode: Metode yang digunakan adalah menggunakan kuesioner secara online menggunakan google form dan juga melakukan wawancara terhadap mahasiswa mahasiswa yang pernah mengalami bullying saat kecil Hasil: Sebagai mahasiswa Esa Unggul, sebanyak 27 responden 2 menyatakan bahwa mereka dapat mengkaji dampak bullying secara obyektif. Terdapat 12 responden (46,2%) yang menyatakan bahwa bullying tidak selalu membawa dampak negative. Pembahasan:Bullying tidak selalu membawa dampak negatif karena sebanyak 46,2% responden mahasiswa menjawab bahwa bullying tidak selalu membawa dampak negatif bagi kehidupan mereka. Respon individu terhadap bullying yang menentukan apakah mereka akan semakin terpuruk atau tetap bisa kuat. Hal ini tentu juga dipengaruhi dari faktor keluarga, sekolah dll.
Kata kunci: objektivitas, bullying, resilience ,mahasiswa
References
Akbar & Bayu,M.,(2023), Strategi pencegahan tindakan bullying di
linkungan sman 2 malang. Diunduh dari https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8412
Arifin, S.M., Zunia, E.T, Ni’mah, S.K., Wulandari, F.J., Maqfiroh, L.R.,& Faruq, F., (2023). Post Traumatic Growth Experiences of bullying victim 4(1), 1-38. Doi : https://doi.org/10.22515/ajpc.v4i1.7435
Aristina, T., (2019), Buku pintar berkarakter: untuk meningkatkan sikap hormat dan percaya diri mahasiswa., Prosiding Seminar Nasional Poltekkes Karya Husada Yogyakarta 1(1). 1-14. Diunduh dari
https://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/PSN/article/view/338
Refbacks
- There are currently no refbacks.