PERAN SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DALAM MENCEGAH 3 DOSA BESAR DALAM PENDIDIKAN

Ai Selpia Andita, Anggi Sari, Alfina Abdillah, Bonifasius Indarto, Fakhruddin Naufal, Helmy Pramudita, Nabila Dewi, Nandita Astriani, Rifqah Maharani, Syafika Dila

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya kasus 3 dosa besar dalam pen- didikan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peran sekolah di SMA Negeri 2 Babelan dalam membentuk karakter siswa untuk mencegah tiga dosa besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi, yaitu merupakan gabungan dari metode kualitatif dan kuanti- tatif. Metode ini digunakan karena bisa memberikan data yang lebih valid.  Adapun hasil nya disajikan dalam bentuk diagram lingkaran dan tulisan paragraf. Penelitian ini mengambil 11 orang responden yang terdiri dari lima orang guru dan enam orang murid. SMA Negeri 2 Babelan memiliki peran yang besar dalam membentuk karakter siswa yang dimana nilai-nilai karakter diimplementasikan pada kehidupan pendidikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Babelan masih banyak terjadi 3 dosa besar, namun pihak kesiswaan su- dah dapat menangani kasus 3 dosa besar dalam pendidikan dengan baik. Siswa juga sudah memiliki kesadaran diri tentang bahaya 3 dosa besar dalam pendidikan.

Kata kunci: 3 dosa besar, karakter siswa, pendidikan.



References


Hoffman, B. (2010). Cooperative learn- ing, character education, conflict resolution among eight graders, their teacher intervention with bullying and their experience with cyber, physical, and rela- tional bullying. Departement of Education Administration, Lead- ership, and Technology Dowling Collage. Ann Arbor: ProQuest, LLC.

Douglass, K. R. (2009). A Study of The Relationship Between Group Per- ception of School Climate and In- cidences of Bullying At The Jun- ior High/Middle School Level. A Dissertation Presented To Uni- versty of Massachusetts. Ann Ar- bor: ProQuest, LLC.

Dwi Latifatul Fajri, 2022

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul

"Kuesioner Adalah Metode

Pengumpulan Data, Berikut Jenis dan

Contohnya" , https://katadata.co.i

d/agung/berita/62b9f04590193/k uesioner-adalah-metode- pengumpulan-data-berikut-jenis- dan-contohnya

Penulis: Dwi Latifatul Fajri

Editor: agung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.