BENTUK-BENTUK INTOLERANSI BERAGAMA DI INDONESIA

Yohan Elfrido Situmorang, Ivansya Ramadan, Tresna Mistuditya, Mochamad Rashif Azman, Agum Abdadi, Deny Afriansyah, Rafi Nur Ramadhani, Irzi Ardiansyah, Gusti Made Rismawan, Rico Rohmandani Prakoso

Abstract


Intoleransi adalah sikap ketidakpedulian dengan keberadaan dan identitas orang lain yang berbeda. Intoleransi dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti perbedaan budaya, perasaan ketidakpedulian, dan kurangnya pemahaman tentang ajaran-ajaran yang berbeda. Artikel ini mengkaji berbagai bentuk intoleransi beragama yang berkembang di Indonesia. Melalui analisis mendalam, penulis mengeksplorasi dampak intoleransi terhadap kerukunan antarumat beragama dan menyajikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia dalam membangun harmoni beragama. Tujuan kajian ini adalah memberikan wawasan yang mendalam terhadap fenomena intoleransi beragama dan mendukung upaya untuk mempromosikan toleransi antar agama di Indonesia. Kajian ini menggunakan pendekatan kualiatif. Contoh intoleransi beragama di Indonesia ditunjukkan dengan praktik pelarangan pendirian tempat ibadah, kekerasan yang dilakukan oleh para ulama, kasus penolakan terhadap identitas tertentu.

Kata kunci: intoleransi, agama


References


Gusnanda dan Nuraini, 2020, Menimbang Urgensi Ukhuwah Wataniyah Dalam Kasus Intoleransi Beragama Di Indonesia, Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyaratan, 4(1), 1-14.

Rijaal, M. A. K. (2021). Fenomena Intoleransi Antar Umat Beragama Serta Peran Sosial Media Akun Instagram Jaringan Gusdurian Indonesia Dalam Menyampaikan Pesan Toleransi. Syiar:Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam,1(2), 101-114.

Zailani M.R, 2022, Negara Sebagai Intrumen Toleransi Beragama (Analisis Kata Mutiara Hubbul Wathon Minal Iman), International Conference on Cultures & Languages (ICCL) 1(1), 408-421,

Zai, L. S., Marampa, E. R., & Undras, I. (2023). Moderasi Beragama: Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Mencegah Sikap Intoleran Pada Remaja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.