LITERASI EMPAT DOSA BESAR PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN AKADEMIK MAHASISWA

Cikorivael Hasugian, Muhammad Fahri Taslim Nobisa, Youting Jin, Farhan Rakha Saputra, Mutiara Keysha Ananda Priyatna, Nancy Kusuma Dewi, Syafirah Citra Muzdalifah Goma, Zahrotul Khoiriah Laisbuke, Salma Nur Sabila, Arifatul Adliyah

Abstract


Pendidikan memegang peran krusial dalam pembangunan suatu bangsa, karena berkualitasnya pendidikan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Namun, dalam lingkungan pendidikan, terdapat empat dosa besar yang melibatkan intoleransi, kekerasan seksual, perundungan, dan narkoba, yang dapat menghambat proses belajar mengajar dan membahayakan masa depan negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi empat dosa besar (Intoleransi, Kekerasan Seksual, Perundungan, dan Narkoba) di kalangan mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei melalui wawancara langsung kepada 30 responden mahasiswa. Wawancara dilakukan dengan pertanyaan terbuka untuk mendapatkan pandangan dan pengalaman mahasiswa terkait empat dosa besar pendidikan. Data kemudian dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi empat dosa besar di lingkungan mahasiswa masih perlu ditingkatkan. Mahasiswa memiliki pemahaman yang terbatas mengenai intoleransi, kekerasan seksual, perundungan, dan narkoba. Ditemukan pula bahwa kebanyakan mahasiswa tidak menyadari dampak serius dan potensi traumatis dari empat dosa besar ini.Dalam upaya pencegahan, peningkatan kesadaran melalui literasi di lingkungan mahasiswa menjadi kunci. Penguatan literasi diharapkan dapat membantu mahasiswa mengenali, mencegah, dan mengatasi empat dosa besar pendidikan. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya program literasi yang lebih intensif dan penyuluhan mengenai bahaya empat dosa besar di lingkungan pendidikan.

Kata kunci: pendidikan, dosa besar pendidikan, literasi, perundungan, narkoba


References


Meiza, A. (2018). Sikap Toleransi dan Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 43–58. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.1959

Putri, S. (2023). Tantangan dan Strategi Kebijakan Pendidikan dalam

Mengatasi Toleransi: Tiga Dosa Besar Pendidikan dalam Konteks Pendidikan Multikultural. Proceedings Series of Educational Studies, 0–2.

http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/8173/0

Rusyidi, B., Bintari, A., & Wibowo, H. (2019). Pengalaman Dan Pengetahuan Tentang Pelecehan Seksual: Studi Awal Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi (Experience and Knowledge on Sexual

Harassment: a Preliminary Study Among Indonesian University Students). Share : Social Work Journal, 9(1), 75. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.21685

Sagala, V. (2020). Ketika Negara Mengatur Kekerasan Seksual. Guepedia.

Sari, N. (2019). Tinjauan Yuridis terhadap Upaya Pelajar/Mahasiswa dalam Memperoleh Narkoba. Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 19(1), 121. https://doi.org/10.30641/dejure.2019.v19.121- 136


Refbacks

  • There are currently no refbacks.