KESETARAAN GENDER DALAM LINGKUNGAN AKADEMIK UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Abstract
Kesetaraan gender adalah hak setiap orang apapun gendernya, untuk dihargai atas tanggung jawab, peran sosial, dan kepemimpinannya. Kurangnya perwakilan perempuan di pendidikan tinggi, kebutuhan perempuan tidak terpenuhi. Di Universitas Esa Unggul, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan adalah organisasi kemahasiswaan yang dipimpin oleh laki-laki, dan wakil pemimpinnya perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memahami bagaiman kesetaraan gender diterapkan di Universitas Esa Unggul, khususnya dalam konteks kepemimpinan suatu organisasi. (2) Mengidentifikasi komponen yang memengaruhi kesetaraan gender dalam kepemimpinan organisasi. Metode yang digunakan dalam riset ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan informasi yang digunakan dalam riset ialah: observasi, wawancara, serta penelitian pustaka dengan menelusuri bermacam sumber yang relevan. Metode yang digunakan buat memilah informan adalam pusposive sampling. Hasil dari riset ini menampilkan kalau di Universitas Esa Unggul telah mulai mempraktikkan terdapatnya kesetaraan gender serta mengurangkan diskriminasi. Selain itu, terdapat juga faktor yang memengaruhi dalam kepemimpinan.
Kata kunci: Gender, Kesetaraan, Kepemimpinan, Organisasi.
References
Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Studi Islam, Gender dan Anak, 14, 70–91. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2019.pp70-91
Arifin, S. (2018). Kesetaraan Gender dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.
Bangun, B. H. (2020). Hak Perempuan dan Kesetaraan Gender dalam Perspektif Filsafat Hukum. Pandecta Research Law Journal, 15(1), 74–82.
https://doi.org/10.15294/pandecta.v15i1.23895
Banun Juwita Hartati, S. H., & Wahed, A. (2022). Gender Dalam Lembaga
Kemahasiswaan. Jambura Journal of Educational Management, 3, 75–84.
Chusniatun, C., Inayati, N. L., & Harismah, K. (2022). Identifikasi
Stereotip Gender Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta: Menuju Penerapan Pendidikan Berperspektf Gender. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 32(2),248–262. https://doi.org/10.23917/jpis.v32i2.21610
Refbacks
- There are currently no refbacks.