KONSEP BELA NEGARA MAHASISWA MELALUI PERAN TEKNOLOGI DAN INOVASI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Mochamad Reza Ramadhan, Haliza Azzahra, Jandri Pardosi, Zyo Aditya, Mariana Mariana, Desi Fitriani, Chairinna Azzia Rahma, Hanifah Miska Annasywa, Intan Aulia Rahmawati, Haura Ashil

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran bela negara yang dimiliki mahasiswa Universitas Esa Unggul dalam hal teknologi dan inovasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti akan mengajukan pertanyaan kepada responden mengenai subjek penelitian, dan kemudian peneliti akan mengamati dan mendokumentasikan apa yang dilakukan responden. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari dua orang mahasiswa yang bertempat di Universitas Esa Unggul. Hasil penelitiaan ini menunjukkan bahwa membangun rasa bela negara dalam teknologi dan inovasi dapat membuat mahasiswa disiplin, percaya diri, dan pantang menyerah. Selanjutnya, komponen teknologi dan inovasi dalam bela negara ini dipengaruhi oleh pendidikan, budaya lingkungan kampus, dan lingkungan sosial.

Kata kunci : Bela Negara, Teknologi, Inovasi


References


Andre AlkahfiM., & M. NawawiZ. 2022. Peran Etika Bisnis dalam Perusahaan Bisnis di Era Globalisasi . Agustus 20. Accessed Desember 01, 2023. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/visa/article/view/1538.

Budiyono. 2020. Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai media pembelajaran di era Revolusi 4.0 . Accessed November 30, 2023.

https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2475.

Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Dera, Karisma N., Endang Sri Mujiwati, Bagus Amirul Mukmin, Program, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. 2020. PERAN MAHASISWA MILENIAL DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI UNTUK INDONESIA MAJU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.