PERAN PENTING MAHASISWA DALAM MENANGGULANGI KEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN UNIVESITAS

Audrey Alisha Zahra, Aji Rohthon Firdaus, Sophie Olivia Genesia Siagian, Nurul Islami, Jeremy Parasian Arisano, Usamah Azzammul Hanif, Ahmad Mirza Amru Rosyad, Putri Amelia Eka Sari, Nazwa Amelia Agustina, Aulia Mahardika, Rizky Agustian Pratama

Abstract


Kekerasan seksual merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif pada kondisi fisik dan mental seseorang. Kejadian ini tidak mengenal waktu, tempat atau gender tertentu, dan sangat sering terjadi di lingkungan akademis, terutama di universitas, dengan banyak kasus melibatkan mahasiswa sebagai korban atau pelaku. Menyadari peran penting mahasiswa dalam mengatasi kekerasan seksual di lingkungan universitas, metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang melibatkan 50 mahasiswa, dirancang untuk mengukur tingkat kesadaran mahasiswa terhadap kekerasan seksual. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa dapat berperan dalam mencegah kekerasan seksual dan memberikan dukungan kepada korban. Harapannya, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang kontribusi mahasiswa dalam menciptakan lingkungan kampus yang aman dan mendukung.

Kata kunci: kekerasan seksual, lingkungan universitas, peran mahasiswa, kesadaran mahasiswa


References


Andriansyah, A. (2022). Komnas Perempuan: Kasus Kekerasan Seksual di Lingkungan Pendidikan, Paling Tinggi di Universitas. Voa Indonesia.

Fushshilat, S. R., & Apsari, N. C. (2020). Sistem Sosial Patriarki Sebagai Akar Dari Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Patriarchal Social System As the Root of Sexual Violence Against Women. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 121–127.

Hardianti, F. Y., Efendi, R., Lestari, P. D., & Puspoayu, E. S. (2021). Urgensi

Percepatan Pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual. Jurnal SuaraHukum, 3(1), 26–52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.