ANALISIS BANJIR DI DAERAH KEDOYA JAKARTA BARAT BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBABNYA

Andre Imam Subekhi, Mohamad Rafli Perdana Arbanugraha, Maaseya Sardin, Mochamad Heru Hidayat, Trisno Tria Nurahman, Herlan Jaelani, Handri Nashar Mambraku, Aji Prakoso, Jansen Yuda Pratama, Arasywana Beshaib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data tentang mitigasi di wilayah Kedoya, Jakarta Barat. Upaya untuk mengurangi risiko banjir dikenal sebagai mitigasi bencana alam banjir. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dan meningkatkan kemampuan mereka untuk menghadapi ancaman bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan sampel. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kali yang kecil dan daerah resapan air yang sedikit menyebabkan banjir. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat untuk mengatasi bencana banjir dengan cara yang lebih baik dan lebih efisien.

Kata kunci: bencana alam, banjir, kali, resapan air


References


Budi Harsoyo. (2013). 2255. Mengulas Penyebab Banjir Di Wilayah DKI Jakarta Dari Sudut Pandang Geologi, Geomorfologi Dan Morfometri Sungai, 14.

Budiyono, Y., Aerts, J. C. J. H., Tollenaar, D., & Ward, P. J. (2016). River flood risk in Jakarta under scenarios of future change. Natural Hazards and Earth System Sciences, 16(3), 757–774. https://doi.org/10.5194/nhess16-757-2016

Dahlia, S., Geografi, P., Uhamka, F., & Indonesia, J. (2020). ANALISIS RISIKO BANJIR TERHADAP FASILITAS PENDIDIKAN DI DKI JAKARTA. In Jurnal Geografi Gea (Vol. 20, Issue 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.