DAMPAK PERUNDUNGAN DALAM PENDIDIKAN TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMA NEGERI 78 JAKARTA BARAT

Anthonio Carlos Alfredo, Puspita Chairun Nisa, Febriona Agatha Frederica, DionGerald Novianto

Abstract


Perundungan atau bullying dalam konteks pendidikan adalah tindakan yang dilakukan oleh satu atau lebih siswa yang memiliki kekuatan atau kekuasaan atas siswa lainnya dengan tujuan menyakiti, merendahkan, atau menekan siswa tersebut secara terus-menerus. Bullying dapat dilakukan dalam bentuk verbal, fisik, maupun psikologis. Tindakan perundungan dalam lingkungan sekolah dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan mental siswa yang menjadi korban.

 

Salah satu sekolah yang memiliki kasus perundungan adalah SMA Negeri 78 Jakarta Barat. Masalah perundungan di sekolah ini menjadi perhatian utama karena dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak perundungan dalam pendidikan terhadap kesehatan mental siswa di lingkungan sekolah SMA Negeri 78 Jakarta Barat.


References


Afriyeni, N. (2017). Perundungan maya (cyber-bullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight. 1(1), 25–39.

Beane, A. L. (2008). Protect your child from bullying (expert advice to help you recognize, prevent, and stop bullying before your child gets hurt). USA: Josse-Bass.

Cahyani, R. (2017). Pencegahan dan penanganan bullying di sekolah. Yogyakarta: Cahaya Pustaka.

Mahendra, B. (2017). Eksistensi sosial remaja dalam Instagram (Sebuah perspektif komunikasi). Jurnal visi komunikasi.15(1), 151-160.

Putri, W., dkk. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding KS. 3 (1), 47-51. ISSN 2442-4480. Ramos, M., dan Bennett, D. (2016). Cyberbullying: Who hurts, and why. Psychiatric times. 33. 20-25.

Rigby, K. (2003). Consequences of bullying in schools. Canadian Journal of Psychiatry, 48(9), 583-590.

Swearer, S. M., Espelage, D. L., Vaillancourt, T., & Hymel, S. (2010). What can be done about school bullying? Linking research to educational practice. Educational Researcher, 39(1), 38-47.

Twemlow, S. W., Fonagy, P., & Sacco, F. C. (2005). A developmental approach to mentalizing communities: II. The Peaceful Schools experiment. Bulletin of the Menninger Clinic, 69(4), 282-304.

UNESCO. (2017). School violence and bullying: Global status report. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Winkel, F. W., & Juvonen, J. (2016). Is school bullying really on the rise? A longitudinal analysis of bullying trends in the United States. School Psychology Quarterly, 31(3), 305-310.

World Health Organization. (2014). Health for the world's adolescents: A second chance in the second decade. World Health Organization.

Yoon, J. S., & Kerber, K. (2003). Bullying: Elementary school children's perceptions and attitudes. Journal of Educational Psychology, 95(4), 815-827.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.