BULLYING VERBAL TERHADAP PERASAAN SEORANG MURID DAN CARA MENGATASI DAMPAK BULLYING DI SEKOLAH

Farahmitha Rahmadina, Egga Cahya Beauty, Sunnesta Wijaya Adi Sukardjohan, Alya Nabila Angelica, Wahyu Nur Hermawati, Tita Alinita Keyla, Aurel Putri Hilwany, Irhamna Paela Sopa, Preti Anggiyani, Rahma Rizky Meidina

Abstract


Jurnal ini membahas dampak psikologis yang timbul dari tindakan bullying terhadap perasaan seorang anak di lingkungan pendidikan. Penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap perasaan anak sebagai korban bullying dan menyelidiki metode yang efektif untuk mengatasi dampak negatif tersebut. Fokus utama adalah peran kunci guru, siswa, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung serta strategi pencegahan bullying. Temuan penelitian ini memberikan wawasan tentang perlunya pendekatan holistik dan kolaboratif dalam upaya mengatasi masalah perundungan di sekolah, dan harapan mampu membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif, dengan mempromosikan kesejahteraan mental anak-anak. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan perbandingan . metode peroses mengambil sampel memakai metode purposive sampling berserta kriteria yang sesuai oleh penemu. Metode hasil penyelidikan data yang digunakan adalah analisis statistik deskripsi dengan menguji Mann Whitney. Di jadikan penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa sepuluh per tiga puluh responden mampu berbicara secara verbal dengan mempunyai kurangnya rasa percaya diri yang rendah, hal ini ditunjukkan dari analisis statistik deskripsi yang memperoleh nilai lebih dari enam puluh persen, sedangkan untuk rasa percaya diri peserta didik mampu. Itu bukan kata kataku, aku percaya diri.

Kata Kunci : Bullying Verbal, Korban Bullying, Pencegahan


References


Najah, N., Sumarwiyah, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1184–1191. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060

Putra, D. A. (2019). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Keputusan Menjalin Hubungan Pertemanan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Wates. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 344–356.

Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). Pencegahan bullying dalam pendidikan karakter melalui peran guru di sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 633–640. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/375


Refbacks

  • There are currently no refbacks.