DAMPAK PERUNDUNGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Ika Aprilliani, Nida Hanifah, Dea Dwi Rahayu, Septiana Ruth Immanuella, Nina Sulistianingsih, Putri Sulis Fiawati Bahtiar, Najwa Azzahra, Naurah Uji Kayruna, Fi Hafsahri Syahla Aditya

Abstract


Perundungan adalah penindasan atau ancaman yang dilakukan seseorang terhadap orang lain, sehingga menimbulkan gangguan psikologis akibat stress yang dialami korban. Lingkungan kampus seringkali dianggap sebagai ruang aman karena kekerasan yang terjadi dilakukan secara tersembunyi dan tidak dilaporkan. Jenis bullying yang diterima korban bermacam-macam, mulai dari bullying pada fisik hingga bullying non-fisik, baik secara verbal maupun non-verbal. Faktor terjadinya perundungan di lingkungan kampus adalah karena adanya persaingan, tekanan akademik dan kecenderungan membentuk kelompok. Hal ini dapat menyebabkan lingkungan kampus menjadi tidak sehat serta mempengaruhi kesehatan mental korban, sehingga korban merasa harga diri rendah, gelisah, ketidaknyamanan, tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, mempunyai rasa takut untuk datang dan pergi ke kampus, serta menarik diri dari perkumpulan sosial. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor yang terjadi sehingga menyebabkan perundungan, mengetahui dampak kesejahteraan psikologis korban akibat perundungan, untuk mengedukasi mahasiswa agar tidak terjadi perundungan di lingkungan kampus, untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis mahasiswa agar lingkungan disekitar kampus aman dan nyaman. Penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling dengan menggunakan kuesioner yang disebar melalui media sosial pada tanggal 19 sampai 21 Desember 2023, Berdasarkan hasil analisis dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perundungan di lingkungan kampus memiliki dampak signifikan pada tingkat penerimaan diri seseorang. Peningkatan kesejahteraan psikologis mahasiswa dapat terjadi melalui hubungan yang baik antara teman dan mahasiswa lain, yang dapat berfungsi sebagai faktor pelindung terhadap perundungan. Dukungan sosial yang diberikan oleh orang lain juga dapat mempengaruhi kesejahteraan psikologis mahasiswa.

Kata kunci: Perundungan, Kesejahteraan Psikologis, Mahasiswa


References


Hidayati, A. S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Skripsi (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4385

Levianti. (2008). Konformitas dan Bullying Pada Siswa. Jurnal Psikologi, 6(1), 1–9.

Masdin. (2013). Fenomena Bullying dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 73–83.

Natalia, E. C. (2016). Remaja, Media Sosial, dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(2), 119–137. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/991/944

Solikhin, B. (2021). Dampak Bullying terhadap Perkembangan Emosi Remaja di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. In Skripsi (Vol. 3, Issue 1).

http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288


Refbacks

  • There are currently no refbacks.