Peran Generasi Z dalam Menjaga Nasionalisme di Lingkungan Kampus

Roger Matheuw Steve Warouw, Dominggus Louk, Erlan Reza Asefi, Arie Awijaya, Andhika Razan Wijaya, Ari Hendriatno, Adidya Darmawan, Muhamad Satrio Abel Fikri

Abstract


Dengan penekanan pada variabel-variabel yang mempengaruhi kesadaran
kebangsaan dan interaksi sosial di kampus, penelitian ini mengeksplorasi
kontribusi Generasi Z dalam menjaga suasana kampus yang bernuansa
nasionalisme. Menjunjung tinggi prinsip nasionalisme merupakan tantangan
tersendiri bagi Generasi Z yang tumbuh di era digital dan globalisasi.
Berdasarkan data yang diperoleh melalui kuesioner online, mayoritas Generasi Z telah mengasimilasi rasa nasionalisme, namun sebagian lainnya belum sepenuhnya memahami pentingnya cita-cita nasional. Sejumlah faktor, antara lain suasana sekolah, media sosial, dan keragaman budaya, berdampak signifikan terhadap cara generasi Z menumbuhkan rasa nasionalisme. Kesimpulan penelitian ini menawarkan pemahaman menyeluruh tentang pandangan Generasi Z tentang nasionalisme serta rekomendasi untuk meningkatkan pengajaran nilai-nilai kebangsaan di kampus. Singkatnya, memahami bagaimana Generasi Z berkontribusi terhadap nasionalisme sangat penting untuk menciptakan solusi yang bisa diterapkan dalam menghadapi globalisasi dan perubahan keadaan.

Kata kunci : generasi z, nasionalisme, interaksi sosial


References


Lyons, S., & Kuron, L. (2014). Generational differences in the workplace: A review of the evidence and directions for future research. Journal of Organizational Behavior, 35 . 139–157.

Barhate, B., & Dirani, K.M. (2022). Career aspirations of generation Z: a systematic literature review. European Journal of Training and Development 46, 139–157.

Gabrielova, K., & Buchko, A.A. (2021). Here comes Generation Z: Millennials as managers. Business Horizons, Bradley Avenue, 489-499.

Mark McCrindle. (2014). The ABC of XYZ: Understanding the Global

Generations. UNSW Press, Sydney. 3, 264.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.