PENINGKATAN KESADARAN REMAJA TENTANG PENTINGNYA BERARGUMEN DALAM MELAWAN PERUNDUNGAN DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN

Alfin Khalaj Syahruwardi, Putra Daffa Dwiyansah, Yodan Muhammad Surya Adhe, Muhammad Gibran Hakim, Rizky Dwi Nugroho, Ivan Edward, Sindy Rahmahsari, Dinda Claudya, Irna Rismayanti, Inayatul Janah

Abstract


Dalam lingkungan pendidikan, kekerasan telah menyebar, membuat korban merasa takut dan tidak nyaman. Penggunaan kekerasan fisik, verbal, atau psikologis terhadap seseorang atau kelompok orang dengan tujuan membuat korban merasa traumatis, putus asa, dan depresi dikenal sebagai bullying. Remaja yang mengalami perundungan lebih mungkin mengalami masalah fisik dan emosional. Komunitas sekolah dapat lebih aktif dalam mencegah penyalahgunaan dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencegah perundungan dalam lingkungan pendidikan. Penulis berharap remaja akan memiliki lebih banyak keberanian untuk berbicara tentang pelecehan sekolah dengan menulis artikel ini.

Kata kunci: Perundungan, lingkungan pendidikan, argumen


References


Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, D.,

Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi, dan. (n.d.). STOP Perundungan/ Bullying Yuk! http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Suarez Rocha, D. C., & Rodríguez Cárdenas, D. E. (2021). Significados de la intimidación escolar desde la perspectiva de los observadores. Estudios Pedagógicos (Valdivia), 47(2), 231–245. https://doi.org/10.4067/S0718-07052021000200231

Sulaeman, M. (2022). KAJIAN PERUNDUNGAN PESERTA DIDIK SMA DAN YANG SEDERAJAT DI KECAMATAN PARE, KEDIRI JAWA TIMUR TAHUN 2021. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 74–82. https://doi.org/10.37012/jipmht.v6i1.768


Refbacks

  • There are currently no refbacks.