IMPLEMENTASI CINTA TANAH AIR SEBAGAI PENANGKAL RADIKALISME PADA SEKOLAH INKLUSI CHERISH ACADEMY PLUIT JAKARTA UTARA

Eni Yulia Sari, Rouli Ramayanti, Bernitasari Bernitasari, Silvana Suratina, Sovy Priandani, Shintia Rahmadani, Dede Yusuf Sophian, Anas Dwi Wicaksono, Wilbert Bernessa Augusto, Abid Fattah Kertapati

Abstract


Melalui penelitian ini, dilakukan investigasi terhadap implementasi praktis pendidikan antiradikalisme di Sekolah Inklusif Cherish Academy dengan penekanan pada ideologi patriotisme untuk mencegah pertumbuhan radikalisme di kalangan generasi muda. Melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi, penelitian ini mengungkapkan upaya sekolah dalam membentuk sikap nasionalisme, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan. Strategi efektif, seperti upacara bendera, acara budaya, proyek berbagi, dan kunjungan lapangan, terbukti membentuk sifat karakter positif siswa dan menciptakan lingkungan yang tangguh terhadap ideologi radikal. Komitmen Cherish Academy dalam menciptakan lingkungan pendidikan inklusif dan harmonis, dengan penekanan pada patriotisme, toleransi, serta penghargaan terhadap perbedaan, melebihi langkah-langkah konvensional. Komitmen ini berkontribusi secara signifikan pada perkembangan positif keseluruhan siswa, mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia yang beragam dan terkoneksi.

Kata kunci: Pendidikan anti radikalisme, Cinta tanah air, Sekolah inklusi, Nasionalisme, Toleransi, Generasi muda


References


Agustin, Sienny. "Mengenal Sekolah Inklusi dan Kelebihannya." Alodoker, Accessed on April 30,2022. https://www.alodokter.com/mengenal-sekolah-inklusi-dan-kelebihannya.

Amelia, Riskita Putri. "Cinta Tanah Air:Pengertian, Contoh Sikap, dan

Cara Menanamkannya." Orami, www.orami.co.id. Accessed on September 3, 2023.

Rahmawati, Rahmawati, Febrian Alwan Bahrudin, and Wika Hardika

Legiani. "Peran Sekolah Dalam Upaya Menangkal Radikalisme." Journal of Civic Education 6.2 (2023): 145-151.

Rokhmansyah, Alfian. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Garudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.