PENGARUH PERUNDUNGAN TERHADAP PSIKIS SISWA SISWI SMA DI TANGERANG

Michael Juannino, Muhammad Nawfal Mufazzal Pasaribu, Tegar Rosi Andrianto, Feliks Alvano Marpaung, Dewi Maulani Sekar Suprihatin

Abstract


Salah satu dari tiga dosa besar pendidikan adalah perundungan. Perundungan terjadi hampir di semua usia dan lini tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan menengah atas adalah perhentian pertama sebelum melanjutkan ke jenjang universitas atau bekerja. Perundungan memberikan dampak negatif , terutama dampak psikologis. Dengan metode kuantitatif survey deskriptif menggunakan kuisioner dan analisis data menggunakan SPSS, dapat diambil kesimpulan bahwa ada dampak psikologis negatif yang dialami korban perundungan di tingkat menengah atas. Di masa yang akan datang semoga keadaan pendidikan di Indonesia bisa bebas dan terlindungi dari tiga dosa pendidikan, terutama perundungan.

 

Kata kunci : perundungan, psikologis, dampak, pendidikan


References


Alhisin, Syahril. 2003. Aplikasi Statistik Praktis dengan Menggunakan SPSS

for Windows. Edisi kedua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dyah Nirmala Arum Janie.(2012). Statistik Deskriptif & Regresi Linier Berganda Dengan SPSS. Semarang : Semarang University Press

Hanurawan, F. (2016). Multicultural Perspektives in Indonesian Sosial Studies and Student Prejudice Reduction. Jakarta : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

.2018. Sahabat Keluarga : Sekolah adalah Rumah Kedua. Diunduh dari https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go

.id/laman/index.php?r=tpost/xview&i d=4868

Kezia Prasetya Christvidya. (2022). 7 Penyebab Terjadinya Bullying yang Sering Dialami Anak di Sekolah. Diunduh dari

https://www.fimela.com/lifestyle/read

/4863513/7-penyebab-terjadinya- bullying-yang-sering-dialami-anak-di- sekolah

http://journal.um.ac.id/index.php/jptp p/)

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian (Vol. 7). (R. Sikumbang, Ed.) Bogor: Ghalia Indonesia .

Olivia Dwi Kumala, Endah Puspita Sari & Titi Pratiwi Widayaningsih. (2019). Psikoedukasi Untuk Menurunkan Perilaku Bullying dan Pembentukan Kader Anti-Bullying di SD Y. Yogyakarta

Rahayu, L. S. (2019), Mei 2020. KPAI:

Angka kekerasan pada anak januari – April 2019 masih tinggi. Detik. Diunduh dari

https://news.detik.com/berita/d- 4532984/kpai-angkakekerasan-pada- anak-januari-april-2019-masih-tinggi

Setia Budhi, P.hD (2016). KILL BULLYING Hentikan Kekerasan di Sekolah. Jakarta.

Wolke, D., & Lereya, S. T. (2015). Long- term effects of bullying. Arch Dis Child, 100, 879- 885. DOI:

1136/archdischild-2014-306667

Xenia Angelica Wijayanto, Lamria Raya Fitriyani & Lestari Nurhajati. (2019). Mencegah dan Mengatasi Bullying di Dunia Digital. Jakarta

Mayasari A., Hadi S., & Kuswandi D. (2019). Tindak Perundungan di Sekolah Dasar dan Upaya Mengatasinya, 4(3), 399–406.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.