UPAYA MENANAMKAN NILAI KARAKTER GUNA PENCEGAHAN BULLYING DI SMPN 159 JAKARTA
Abstract
Nilai karakter sangat penting dalam dunia pendidikan. Minimnya pendidikan nilai karakter menjadikan banyak tindak kejahatan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter yang diterapkan dalam siswa SMPN 159 Jakarta sebagai upaya pencegahan bullying. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan siswa yang bersangkutan, dan guru BK yang dapat memberikan informasi yang teliti, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil yang diperolah, guru BK memahami perannya dalam upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah dan siswa sudah mengetahui dampak yang terjadi akibat bullying. Upaya yang dilakukan sekolah untuk pencegahan bullying yaitu dengan membuat program khusus seperti Sekolah Laboratorium Pancasila guna membekali siswa dengan memberikan edukasi tentang anti bullying.
Kata kunci: Nilai Karakter, Bullying
References
Andi Halima, Khumas, A., & Zainuddin, K. (2021). Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi: Sebuah Nilai Budaya untuk Upaya Pencegahan Bullying dengan Memaksimalkan Peran Bystander.
Indonesian Psychological Research, 3(2), 82–90. Diakses dari
https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.549
DPR RI. (2023). Pemerintah Harus Petakan Faktor Penyebab Bullying Anak. Parlementaria. Diakses dari https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/46802/t/Pemerintah+Harus+Petakan+Faktor+Penyebab+Bullying+Anak
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif
Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). AtTaqaddum, 8(1), 21. Diakses dari https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Hasyim, I., Lestari Lukviana, D., Cholidah Hanum, N., Rufaida
Azis, Z., Apriana Putri, L., & Hariyono, W. (2023). Pencegah Gangguan Penyakit Mental Sebagai Media Pembelajaran Dasar Berbasis Moralitas
Berwawasan Kebhinnekaan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11),5307–5313.
Refbacks
- There are currently no refbacks.