PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA DALAM MEREALISASIKAN BELA NEGARA SEBAGAI BENTUK CINTA TANAH AIR

Muhamad Gibran, Chinta Fourdy Wantika, Annisa Fazilla Nur Rahma, Lilis Tri Astuti, Diah Diah, Indiko Eka Ramdani, Dina Dwiandi, Nanda Alfika, Dela Veliza, Hilda Rahmawati

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman siswa
tentang nilai-nilai kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air, serta untuk
menerapkan sikap bela negara dan sikap patriotik pada siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah metode Studi Kepustaan yang merupakan metode pengumpulan data dari bahan cetak dan elektronik seperti buku-buku, artikel, laporan penelitian, publikasi ilmiah dan bahan lainnya. Hasil dari penelitian ini yaitu banyaknya kenakalan remaja karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya pendidikan moral, karakter dan kewarganegaraan, serta masuknya budaya asing. Maka dari itu, guru memiliki peran penting yaitu bertanggung jawab dalam membimbing siswa agar dapat menginternalisasi konsep bela negara dalam aspek kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru juga berperan sebagai fasilitator dalam mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam berbagai kegiatan sekolah contohnya seperti kegiatan ekstrakurikuler, proyek kelompok, dan penyelenggaraan acara yang memperkuat rasa persatuan dan kecintaan terhadap tanah air. Pendidikan kewarganegaraan di tingkat SMA berperan dalam pembentukan generasi muda yang cinta tanah air dan siap membela negaranya, serta memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, etika kebangsaan, pemahaman berbangsa, kewaspadaan sosial, perilaku patriotic, pemahaman terhadap Nusantara, dan ketahanan nasional. Dengan meningkatkan peran kewarganegaraan diharapkan generasi muda dapat menjadi agen perubahan dan pengendalian yang dapat membawa kemajuan bagi bangsa dan negara.

Kata kunci : Bela negara, Cinta tanah air, Peran pendidikan kewarganegaraan, Generasi muda


References


Donnelley, R. G. 2002. Menguak Perusahaan Keluarga di Indonesia, artikel. Eksekutif. Farrington, Shelly dan Elmarie Venter. 2010.

Mardiasmo. 2014. Akuntansi Sektor Publik.. Edisi Lima. Cetakan Keempat. Yogyakarta: CV.Andi Offset. Hal.52 ……………. 2014.

Rohmansyah. PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN

KESEHATAN DALAM UPAYA > Vol 5, No 2 (2015) >

Amirudin, 2013, Peranan guru Pkn terhadap pembentukan moral siswa di SMP N. 10 Palu. Vol 1, No 1,. Borba, M. 2008, Membangun Kecerdasan Moral

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara, Yogyakarta: Diandra Pustaka. Indonesia. Sjarkawi. (2006).Pembentukan Kepribadian Anak.

Thomson, Godfrey. 1997 Dasar Konsep Pendidikan Moral. Alfabeta. Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Perkembangan Kependudukan Dan. Pembangunan Keluarga

Cholisin. (2000). Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan. Kewarganegaraan. UNY. Yogyakarta. Djahiri. (2000).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.