PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENYEBARAN HOAX DAN DAMPAKNYA PADA LINGKUNGAN AKADEMIK MAHASISWA

Feby Wina Wijaya, Nabilah Oktafiyanti, Haura Irena Jasmine, Sayyidah Aghniya Fatin, Nidya Yessa Aprilicia, Rendy Herfian Saputra, Jaurdi Jonathan Lolowang, Muhammad Zidan Ramadhan, Rifqi Yandika Hendrawan, Surya Pandapotan Sihaloho, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Media sosial telah menjadi platform penting dalam kehidupan sehari-hari, memungkinkan interaksi global, berbagi informasi, dan mempengaruhi opini publik. Namun, dengan kecanggihan ini, tantangan etis, terutama penyebaran berita hoax, semakin meningkat, khususnya di kalangan mahasiswa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam penyebaran berita hoax di kalangan mahasiswa dan dampaknya pada lingkungan akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan angket dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa menggunakan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp sebagai platform utama. Dan, penyebaran berita hoax lebih dominan terjadi melalui WhatsApp dan Instagram. Mahasiswa cenderung melihat berbagai konten, kejadian terkini, hiburan, dan postingan foto dan video di media sosial. Selain itu, dampak penyebaran hoax pada lingkungan akademik mencakup kehilangan kepercayaan, ketidakpastian akademik, gangguan proses pendidikan, dampak psikologis, dan
polarisasi sosial. Untuk mengatasi dampak negatif ini, pendidikan literasi media dan edukasi mengenai bahaya berita palsu menjadi kunci untuk membentuk mahasiswa yang kritis dan bertanggung jawab dalam menggunakan media sosial.


Kata Kunci : media, hoax, dan mahasiswa


References


Ahmad Muklason & Abdillah Yafi Aljawiy. JEJARING SOSIAL DAN DAMPAK

BAGI PENGGUNANYA. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Data, T. P. (2015). Instrumen Penelitian. Kisi-Kisi Instrumen.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Fendya, W. T., & , S. C. (2018). Pengembangan sistem kuesioner daring dengan metode weight product untuk mengetahui kepuasan pendidikan komputer pada lpk cyber computer. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01).

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

Info.populix.co (2021). Media Sosial Adalah: Contoh hingga Manfaatnya

bagi Pebisnis.

Makbul, M. (2021). Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.