PROTEKSI DIRI DARI PENGARUH INTOLERANSI DALAM MEMINIMALISIR DISKRIMINASI DI LINGKUNGAN MASYARAKAT ERA DIGITAL

Firmansyah Katili, Muhamad Dhava Wardana, Rivaldo Sayyid Syahrudin, Alif Fadilah, Nur Rahmah Latifah, Stevana Anggraini, Rahmalia Angelica, Hilda Aryani, Rika Ayu Lestari, Ika Ratnasari, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Intoleransi tidak dapat diterima dalam bentuk apapun itu, intoleransi sering kita temui di dunia nyata dan juga di dunia maya, Intoleransi di media sosial itu tentunya disebabkan oleh masyarakat yang mengambil pengaruh negatif dari era digital dengan dorongan kebebasan berpendapat. Media sosial sebagai sarana bagi masyarakat untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran, namun kemudian berkembang menjadi sebuah alat untuk mengutarakan kebencian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis seberapa besar dampak era digital mempengaruhi tindakan toleransi di media sosial terutama di lingkungan remaja. Peneliti juga ingin mengetahui seberapa efektif media sosial berperan sebagai platform remaja untuk tujuan fungsi yang positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif, dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan penelitian dengan kuesioner tertutup. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu bahwa era digital sudah sangat terikat dengan kehidupan remaja, perkembangan teknologi cukup berperan positif dalam sikap toleransi remaja di media sosial, dan keterkaitan sikap intoleransi selalu berpeluang besar mengacu pada perilaku diskriminasi serta pengambilan keputusan tindak pidana hukum bagi pelaku.

Kata kunci : Toleransi, Era Digital, Media Sosial, Remaja, Diskriminasi,


References


Fitriyanti, E., Solehatun, S., & Ardianti, T. (2020). Kontribusi Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 63-75.

Galih Akmal Latif. (2021). Looking Up Through The Technology Development in Indonesia. Wawasan Study.

Hendrik Nuryanto. (2023). Era Digital dan Dampak Perkembangan Teknologi yang Pesat!. Artikel. Basirun, Fitri, Raffi, Nova, Haryanto. (2017). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PADA MASYARAKAT DESA MANTANG RT 06 KABUPATEN BINTAN. Vol 1 Nomor 1.

Hidayat, A. (2018). Metode Penelitian Adalah: Pengertian. Tujuan, Jenis, Manfaat, Contoh. Artikel.

Hilmi, H. S. (2018). KETIDAKADILAN GENDER DAN BENTUK PERLAWANANNYA DALAM NOVEL GURU DANE KARYA SALMAN FARIS. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 16(1), 58-71.

Ihsani, M. H. (2022). Diskriminasi dalam Kehidupan Beragama di Indonesia. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2(3), 95-104.

Indra, H., Alim, A., & Al Farisi, S. (2022). Konsep Pendidikan Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Usia Madrasah Menurut Mahmud Al Mishri. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 66-77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.