TRANSFORMASI POLA PIKIR BULLYING MENUJU EMPATI DAN KESADARAN

Aderia Aderia, Eka Triana Sulistyaningsih, Nisrina Zulfa Khairani, Vinsensia Rosalina Elisabeth T, Rafa Putri Adara, Sabrina Najwa Octavia, Cindy Apriliany Laura, Salsabila Tuhfatul Aulia, Wanda Amelia Paramitha, Amelia Prasetyo, Dewi Sari Sumitro

Abstract


Bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan terhadap anak yang dilakukan teman sebaya kepada seseorang yang lemah untuk mendapatkan kepuasan. Kasus perundungan (bullying) yang dilakukan pelajar sering terjadi di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui makna bullying dan mengetahui lebih dalam tentang profil kepribadian pada siswa korban. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan data kuesioner siswa kelas XII SMA Nahdlatul Wathan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying memiliki 3 aspek, yaitu verbal, fisik, serta perilaku secara tidak langsung atau relasional. Dalam penelitian ini dilakukan sosialisasi dan pelatihan empati yang menghasilkan peningkatan empati dan kesadaran dalam menyikapi kasus bullying.

Kata kunci : Empati, Perundungan, Sosialisasi


References


Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana?. Pedagogia Social.

Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada

Tindakan Bullying dan Transformasi Pola Pikir Bullying Menuju Empati dan

Kesadaran Volume 18 No 4 Desember 2021 Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. JPMUNITA (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 1(1), 9-16.

Herlina Panggabean, Dina Situmeang, & Rini Simangunsong. (2023). WASPADA TINDAKAN BULLYING DAN DAMPAK TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN. JPM-UNITA (JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT), 1(1), 9–16. Retrieved from http://jpm.usxiitapanuli.ac.id/index.php/jurnal/article/view/2

Wiyani, N. A. (2012). Save Our Children From School Bullying. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying di Sekolah. Published

Online.

Tim Yayasan Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo.

Agisyaputri, E., Nadhirah, N., & Saripah, I. (2023). Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.