PERAN TEKNOLOGI DALAM MENGEKANG DAN MENCEGAH BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 95 JAKARTA BARAT
Abstract
Sekolah adalah sebuah lembaga bagi para siswa di dalam pengawasan guru. Lingkungan sekolah di pengaruhi terhadap berbagai macam perkembangan mental dan prestasi belajar peserta didik secara khusus di sekolah menengah atas negeri 95 Jakarta Barat. Di lingkungan sekolah juga dapat mempengaruhi dampak buruk atau negatif seperti perbuatan bullying yang sekarang sedang marak terjadi pada peserta didik di sebuah lingkungan sekolah. Bullying merupakan perilaku yang berdampak serius bagi perkembangan mental anak. Salah satu yang menjadi faktor perilaku bullying adalah rasa empati yang kurang bagi korban bullying. Akibat dari bullying dapat membuat mental dan rasa kurang percaya diri menjadi terganggu. Pelaku bullying terindikasi dapat melakukan tindakan terhadap korbannya dengan cara memposting foto yang tidak pantas jadi konsumsi publik dan juga membalas korbannya dengan kekerasan fisik seperti melempar, memukul dan membanting sehingga korban menjadi terjatuh dan trauma.
Kata kunci : Perundungan, Kesehatan mental, SMA Negeri 95 Jakarta Barat
References
Agung Handalan, M., Hasanah, O., Keperawatan Universitas Riau Fakultas Keperawatan Universitas Riau Jalan Pattimura No, F., & Pekanbaru Riau Kode,
G. G. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MEKANISME KOPING TERHADAP TINDAKAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH. In Jurnal Ners Indonesia (Vol. 10, Issue 2).
Hadisi, L., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Kendari, I. (2022). Implementasi
Pendidikan Karakter Religius…. Implementation of Religious Character Education in Coping with Student Bullying Behavior. In Shautut Tarbiyah (Vol. 28, Issue 2).
Nugraha, A. B., Dharmayana, W., Sinthia, R., Bimbingan, P., Konseling, D.,
Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN
EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING. 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN
ANTIBULLYING DI SEKOLAH (STUDI KASUS MTS MADINATUNNAJAH CIPUTAT). In Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan (Vol. 5, Issue 1).
Syah, A. Y., & Dewiyuliana, D. (2023). The Effectiveness of Expressive Writing Therapy in Reducing Anxiety Levels in Teenage Bullying Victims. Media Keperawatan Indonesia, 6(3), 175. https://doi.org/10.26714/mki.6.3.2023.175-183
Refbacks
- There are currently no refbacks.