PERAN TEKNOLOGI DALAM MENGEKANG DAN MENCEGAH BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMAN 95 JAKARTA BARAT

Ade Muhamad Angga, Adam Sasmita, Faridatus Sakinah, Paula Rewade Saruke, Yohana Cahya Saputri, Yoga Pratama, Jon Martuah Saragih, Michael Himawan, Yosua Fajar Yulianto, Ikhsan Maulana

Abstract


Sekolah adalah sebuah lembaga bagi para siswa di dalam pengawasan guru. Lingkungan sekolah di pengaruhi terhadap berbagai macam perkembangan mental dan prestasi belajar peserta didik secara khusus di sekolah menengah atas negeri 95 Jakarta Barat. Di lingkungan sekolah juga dapat mempengaruhi dampak buruk atau negatif seperti perbuatan bullying yang sekarang sedang marak terjadi pada peserta didik di sebuah lingkungan sekolah. Bullying merupakan perilaku yang berdampak serius bagi perkembangan mental anak. Salah satu yang menjadi faktor perilaku bullying adalah rasa empati yang kurang bagi korban bullying. Akibat dari bullying dapat membuat mental dan rasa kurang percaya diri menjadi terganggu. Pelaku bullying terindikasi dapat melakukan tindakan terhadap korbannya dengan cara memposting foto yang tidak pantas jadi konsumsi publik dan juga membalas korbannya dengan kekerasan fisik seperti melempar, memukul dan membanting sehingga korban menjadi terjatuh dan trauma.

Kata kunci : Perundungan, Kesehatan mental, SMA Negeri 95 Jakarta Barat


References


Agung Handalan, M., Hasanah, O., Keperawatan Universitas Riau Fakultas Keperawatan Universitas Riau Jalan Pattimura No, F., & Pekanbaru Riau Kode,

G. G. (2020). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MEKANISME KOPING TERHADAP TINDAKAN BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH. In Jurnal Ners Indonesia (Vol. 10, Issue 2).

Hadisi, L., Tarbiyah, F., Keguruan, I., & Kendari, I. (2022). Implementasi

Pendidikan Karakter Religius…. Implementation of Religious Character Education in Coping with Student Bullying Behavior. In Shautut Tarbiyah (Vol. 28, Issue 2).

Nugraha, A. B., Dharmayana, W., Sinthia, R., Bimbingan, P., Konseling, D.,

Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN

EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING. 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia

Rena, S., Marfita, R., & Padilah, S. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN

ANTIBULLYING DI SEKOLAH (STUDI KASUS MTS MADINATUNNAJAH CIPUTAT). In Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan (Vol. 5, Issue 1).

Syah, A. Y., & Dewiyuliana, D. (2023). The Effectiveness of Expressive Writing Therapy in Reducing Anxiety Levels in Teenage Bullying Victims. Media Keperawatan Indonesia, 6(3), 175. https://doi.org/10.26714/mki.6.3.2023.175-183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.