PERSPEKTIF MAHASISWA UNIVERSITAS ESA UNGGUL TERHADAP CYBERBULLYING
Abstract
Berkembang pesatnya teknologi saat ini membuat informasi yang ditambah setiap harinya ke internet dapat didapat dengan lebih cepat. Namun, hal tersebut memiliki pengaruh positif dan negatif, pengaruh positifnya diantaranya dapat memperluas jaringan pertemanan. Sedangkan pengaruh negatifnya yaitu memicu terjadinya
cyberbullying. Cyberbullying adalah tindakan agresif, intens, dan berulang, yang terjadi melalui media sosial sebagai alat untuk menyerang seseorang. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mendapatkan wawasan mendalam mengenai pola perilaku seseorang yang melakukan cyberbullying dan dampak apa saja yang diterima oleh korban cyberbullying.
Kata kunci: Perundungan siber, media sosial, & mahasiswa
References
Eleanora, F. N., Hum, M., Adawiah, R. A., Ag, S., & Si, M. (2021). PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DUNIA MAYA (CYBERBULLYING) PADA ANAK.
Nirwana Sari, R., & . S. (2016). Kecerdasan Emosi, Anonimitas dan Cyberbullying (Bully Dunia Maya). Persona:Jurnal Psikologi
Indonesia, 5(01). https://doi.org/10.30996/persona.v5i01.741
Olweus, D. (2013). School Bullying: Development and Some Important Challenges. Annual Review of Clinical Psychology, 9(1), 751–780. https://doi.org/10.1146/annurevclinpsy-050212-185516
Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2015). Measuring cyberbullying: Implications for research. Aggression and Violent Behavior, 23, 69–74.
https://doi.org/10.1016/j.avb.2015.05.013
Situmorang, D. (2019). MENJADI VIRAL DAN TERKENAL DI MEDIA SOSIAL, PADAHAL KORBAN CYBERBULLYING: SUATU KERUGIAN ATAU KEUNTUNGAN? JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1), 12–19. https://doi.org/10.21009/JPPP.081.02
Refbacks
- There are currently no refbacks.