FAKTOR PENYEBAB PERUNDUNGAN DI SEKOLAH SMP SWASTA X DI JAKARTA TIMUR

Aditia Rizki Maulana, Jansen Adrian, Francesco Steven, Rama Elga Ardhito, Dhimas Aria Fauzan

Abstract


Bullying adalah bentuk tindakan kekerasan yang dilakukan baik secara fisik, psikis, mental dan spiritual.  bullying bisa terjadi di mana saja dan berdampak pada siapa saja baik itu di lingkungan rumah, tempat bermain ,dan  termasuk lingkungan pendidikan. Sasaran dari perundungan  tersebut biasanya  kepada orang yang lebih lemah. Perilaku bullying tersebut biasanya menimpa peserta didik yang mana terjadi di SMP Swasta Jakarta. Dalam hal ini penelitian akan membahas permasalahan yang akan di cari jawabannya melalui penelitian ini adalah “Peran sekolah mengatasi perundungan di sekolah SMP swasta Jakarta”. tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi perilaku bullying, profil korban bullying serta pengaruh dari bullying terhadap kesehatan mental dan spiritual peserta didik di SMP Swasta Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana subjek penelitian berjumlah 30 responden yang merupakan kelas VII SMP swasta Jakarta .

 

Kata Kunci : perundungan, kesehatan mental, kekerasan seksual.


References


Sejiwa, T. (2008). Bullying: Panduan bagi orang tua dan guru mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Verlinden. S, Hersen. M, dan Thomas. J. (2000). Risk factor in school shooting. Clinial psychology review. Vol 20, no 1

Rigby, K. (2007). Bullying in Schools: and what to do about it (Revised and updated. Australia: Acer Press.

Flynt, S.W. & Morton, R. C. (2006). Albama Elemtary Principals’ Perception ofBullying. Education, 2, 187-191.

Olweus, D. (1997). Bully/Victim Problems in School: Facts and Intervention. European Journal of Psychology of Education, 12, 495-510.

Tattum, D. & Tattum, E. (1992). Social education and personal development. London: David Fulton

Smith, P. K., & Sharp, S. (1994). School bullying: Insights and perspectives. London: Routledge

Siswanti & Widayanti. 2009. Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang:Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Psikologi Undip, Volume.5, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.