ANALISIS KEPEDULIAN DAN MINAT PARA PELAJAR SMA TERHADAP PENGEMBANGAN SENI TARI DI HARAPAN INDAH

Rakha Alghifari, Dihsan Mahta Aqila, Celine Yvon Uno, Azriel Darmawan, Elsya Faleria, Moses Delmora Toyadi, Muhammad Rakha Baihaqi, Wulan Astriyani Maryam, Devi Zulita, Vinka Ardita Setiawan

Abstract


Seni Tari Tradisional merupakan tarian yang berasal dari masyarakat suatu daerah yang berkembang dan di lestarikan secara turun temurun, biasanya memiliki ciri khas yang menonjolkan falsafah, budaya dan kearifan lokal setempat Dimana tari tersebut berkembang, sehingga setiap masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui minat para pelajar terhadap pembelajaran seni tari tradisional di SMA NEGERI 10 Kota Bekasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah pelajar XII SMA NEGERI 10 Kota Bekasi dengan jumlah responden sebanyak 8 orang. Penarikan Sampel menggunakan wawancara secara langsung kepada para siswi. Hasil penelitian menunjukan bahwa para pelajar memiliki pengetahuan yang memadai tentang tari tradisional sekaligus menyadari pentingnya melestarikan warisan budaya Indonesia, para pelajar juga menunjukkan minat dan keinginan kuat untuk mempelajari dan mengembangkan seni tari tradisional.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, minat terhadap seni tari tradisional


References


Astin, A. W. (1984). Student involvement: A developmental theory for higher education. Journal of College Student Personnel, 25(4), 297–308.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books.

Burton, J. M., Horowitz, R., & Abeles, H. (2000). Learning in and through the arts: The question of transfer. Studies in Art Education, 41(3), 228–257.

Mardalis. (2016). The Influence of Learning Media on the Art of Dance Learning Outcomes of Grade VII Students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(4), 393–398.

Majid, A. (2017). The Role of Local Wisdom in Cultural Education: Case Study of Learning Activities in Palembang. International Journal of

Social Sciences and Humanities, 1(1), 22–32.

Rohani, A. (2015). The Effectiveness of Learning Media on the Motivation and Learning Outcomes of Islamic Religious Education Subjects. Jurnal

Pendidikan Islam, 4(1), 61–74.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.