MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR MELALUI PRODUK LOKAL

Keisya Aulia Hakiki, Nurtazkiyah Tunafsih, Rahmatul Hasanah, Mutia Melinda, Refy Purnama Sari, Taqiyyah Juliah, Andini Tri Lestari, Rullin Eka Femydestia, Angely Patricia Putri Pratasik, Pipit Fitriyani

Abstract


Penelitian ini didasarkan untuk meningkatkan kewajiban setiap warga negara Indonesia dalam melindungi tanah air melalui cinta dan dukungan terhadap produk lokal. Melalui pendekatan kuantitatif di Universitas esa Unggul Tangerang, penelitian mengamati bahwa pemilihan produk lokal dapat meningkatkan rasa cinta tanah air. Hasil wawancara menunjukan bahwa dukungan terhadap produk lokal dapat memperkuat rasa bangga dan mengurangi ketergantungan terhadap produk luar. Para responden berkontribusi dengan membeli, menggunakan, dan mempromosikan produk lokal, memberikan saran untuk peningkatan kualitas pemasaran. Melalui produk lokal, masyarakat berperan penting dalam mendukung perkembangan produk lokal dan meningkatkan kesadaran serta rasa cinta terhadap tanah air.

Kata kunci: Meningkatkan kesadaran, cinta tanah air, produk lokal.


References


Hidapenta, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pkn Mengatasi Fenomena

Kecintaan Produk Luar Yang Terjadi Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 168–175. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1401

Rio, W., & Nugroho, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Lokal Terhadap Sikap Cinta Tanah Air Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Lokal Terhadap Sikap Cinta Tanah Air Pendahuluan. 4, 70–81.

Siswanto, S. (2017). Mencintai Produk Dalam Negeri Sebagai Manifestasi Bela Negara Di Era Global. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 7(3), 85–105.https://doi.org/10.33172/jpbh.v7i3.231


Refbacks

  • There are currently no refbacks.