PERAN MAHASISWA DALAM KEGIATAN BELA NEGARA MENUJU KEPEMIMPINAN MASA DEPAN

Fredrika Sherill, Annisa Ramadhani Hartanto, Rosalia Eka Kurnia Nurcahyani, Gischa Adelia Fitri, Bella Fistya Asherli, Aida Hanan Putri Salsabila, Friska Nova Wijaya Siagian, Nabiel Ismaiel Fauzie, Radith Wijaya, Daniel Daniel, Ni Nyoman Sudiani

Abstract


Dalam rangka menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidup disuatu negara, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban dalam upaya Bela Negara. Mahasiswa sebagai pelajar yang paling tinggi kedudukannya dibanding tingkat pelajar yang lain harus memiliki suatu kesadaran Bela Negara dan nasionalisme serta kepribadian yang berkepemimpinan masa depan guna mampu beradaptasi dengan baik diarus globalisasi dan modernisasi ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data bersifat primer dengan metode pengumpulan data secara langsung kepada responden melalui pengisian survei atau kuesioner dengan responden Mahasiswa aktif di Esa Unggul Tangerang. Hasil penelitian diolah dengan metode deskriptif dengan jumlah sampel 101 responden. Didapatkan hasil analisis data bahwa Mahasiswa cukup memahami makna dari Bela Negara, Mahasiswa cukup memiliki kesadaran terhadap Bela Negara, dan Mahasiswa melakukan bentuk-bentuk kegiatan Bela Negara, serta Mahasiswa merasakan manfaat kegiatan Bela Negara yang membawa mereka kepada sikap berkemimpinan masa depan.

Kata kunci : Nasionalisme, Bela Negara, Kepemimpinan Masa Depan


References


Hafidz, L. ( 2023). Definisi, Peran, dan Karakteristik Pemimpin. March 8, 2023, 1-2.

Kusuma. (2018). Pengantar Bela Negara Untuk Perguruan Tinggi Jakarta. Erlangga.

M.Si, D. Z. (2021). Pengenalan Lingkungan dan Budaya Akademik Universitas Nasional. 1-18.

Moenta, A. P. (2019). Bela Negara dan Radikalisme. Disampaikan pada Latsar Calon Pegawai Unhas Non PNS Tetap tanggal 12 November 2019.

Noor, A. F. (2016). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PROGRAM BELA NEGARA. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Oktober 2016, Volume 11 Nomor 2, 11, 1-8.

Pambudi, C. A. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan Kita. Jum'at, 19 Desember 2014 pukul, 1-2.

Tobari, S. V. (2016). Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Volume 1, No. 2, Juli-Desember 2016, 1, 54-64.

Widayati, B. Y. (2018). Analisis Karakteristik Pemimpin Yang Dikagumi Oleh Bawahan. JIABI – Vol. 2 No. 1 Tahun 2018, 2, 208-217.

Akhmad Sujai, A. R. (2021). KEPEMIMPINAN MASA DEPAN (FUTURE

LEADERSHIP) DALAM PERSPEKTIF. Vol. 15, No. 1, Januari-Juni 2021, 15, 65-80.

Minto Rahayu, R. F. (2019). KESADARAN BELA NEGARA PADA MAHASISWA. Epigram Vol. 16 No. 2 Oktober 2019, 16, 175-180.

Noor, A. F. (2016). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PROGRAM BELA NEGARA:PERSPEKTIF MAHASISWA MENCINTAI TANAH AIR DAN BANGSA. Volume 11 Nomor 2 Oktober 2016, 11, 1-8.

Sahadi, O. H. (2020). KARAKTER KEPEMIMPINAN IDEAL DALAM ORGANISASI. Volume 6, Nomor 3 30 Agustus 2020, 6, 513-524.

News, L. (2023). Kepemimpinan Teori, Tujuan dan Fungsi Menjadi Pemimpin. September 30th, 2023, 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.