Penerapan Norma Kesusilaan dan Norma Kesopanan Terhadap Anak Usia 12-15 Tahun di Bimbel Risalah Depok

Ananda Putri Septiana, Asri Simorangkir, Inez Febriani, Celvin Celvin, Marson Romiko Ninkeula, Assyifa Nurul Fadila, Sandy Firmansyah, Dessyinta Rakawuni S Br Banurea, Irfan Arsal Fahsya, Mohammad Fadillah

Abstract


Perkembangan dalam dunia pendidikan mengharuskan setiap anak atau individu
yang sedang mengenyam pendidikan bisa menguasai materi demi keberlangsungan mereka dalam bertahan mengahadapi perkembangan zaman ini. Mereka yang tidak bisa beradaptasi dengan perubahan zaman yang cepat ini akan tertinggal seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu pendidikan dirasa sangat amat penting bagi semua warga negara terutama di Indonesia, pendidikan merupakan salah satu upaya bangkit untuk pemerataan dan meningkatkan potrnsi pelajar dalam mencapai mutu pendidikan yang diinginkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti kondisi yang berada pada objek alamiah, dimana peneliti berdiri sebagai instrumen kunci, adapun fungsinya yakni menetapkan fokus penelitian, memilih informan sebagai sumber data, melakukan pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data, dan membuat kesimpulan atas semuanya. mengingat usia murid 12-15 menjadi usia sangat penting untuk memupuk tingkah perilaku yang baik untuk diri sendiri terkait dengan kehidupan sosial yang akan mereka hadapi dikemudian hari.

Kata Kunci : zaman, pendidikan, usia


References


Pujiharti, Y., Mukarom, Sofian, H., Tina, Y., Asmarita, A., & Santi, M. (2023). Peningkatan Minat Belajar Anak melalui Bimbingan Belajar dengan Metode Pembelajaran AKSI (Aktif, Kreatif, Santai dan Inovatif) di Desa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat IKIP Budi Utomo, 223-229.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Yogjakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, A. dan Supriyono, W . 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Silverman, Robert. E. 1969. Psychology. New York: Appleton Century Craft Educational Devision Meredith Corporation. Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: CV. Rineka Cipta.

Fimela, 2010. 5 Manfaat Bimbel Bagi Anak https://www.fimela.com/parenting/read/5441915/5-manfaat-bimbel-bagi-anak-mulai-dari-meningkatkan-minat-belajar-hingga-mengasah-

kecerdasan?page=6

Kumparan, 2022. Perbedaan Norma Kesusilaan dan Kesopanan Dalam Hidup Bermasyarakat. https://kumparan.com/berita-hari-ini/perbedaan-norma-kesusilaan-dan-norma-kesopanan-dalam-kehidupan-bermasyarakat-1zOMsDTFvcg

Kompas, 2022 Perkembangan Remaja : Definisi, Ciri-ciri, dan Tugasnya. https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/21/111057269/perkembangan-remaja-definisi-ciri-ciri-dan-tugasnya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.