STRATEGI PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI KORBAN PERUNDUNGAN PADA MAHASISWA
Abstract
Fakta bahwa Indonesia merupakan negara yang penduduknya paling banyak melaporkan kejadian intimidasi kepada Otoritas Perlindungan Anak menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Bullying berdampak negatif pada kemampuan seseorang untuk fokus, berprestasi buruk di sekolah, menghindari situasi sosial, dan menimbulkan kecemasan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat
digunakan untuk menentukan apa dampak penindasan terhadap mereka yang menjadi sasarannya serta bagaimana membantu para korban tersebut mengembangkan rasa harga diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung siswa dalam penyelesaian perselisihan, komunikasi yang efektif, dan pengembangan hubungan yang sehat. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan kuesioner, data dikumpulkan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penindasan memberikan tekanan psikologis pada korbannya dan bahwa tindakan untuk meningkatkan harga diri memerlukan kerja sama yang erat antara pendidik, keluarga, dan pemangku kepentingan lainnya. Korban bullying akan cepat memperoleh bantuan dari orang lain berupa kasih sayang, kepercayaan, kepedulian, dan rasa syukur ketika ia merasakan dukungan sosial yang tinggi dari lingkungan sekitarnya.
Kata Kunci: Korban Bullying, Dampak Bullying, dan Rasa Percaya Diri
References
Anang Zulqurnain, M., Thoha, M., & Kunci, K. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Jurnal Bk Pendidikan Islam,
(2), 69–82. Https://Doi.Org/10.1905/Ec.V1i1.1808
Ayu Sestiani, R., Muhid, A., & Sunan Ampel Surabaya, U. (2021). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. In Jurnal Tematik (Vol.3,Issue2).Https://Journals.Usm.Ac.Id/Index.Php.Tematik
Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (N.D.). Penerapan Konseling Direktif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying Di Sdn Kenari Jakarta.
Damanik, G. N. A., Djuwita, R., & Kunci, K. (2019). Gambaran Perundungan Pada Siswa Tingkat Sma Di Indonesia Potrayal Of Bullying Among High School Students In Indonesia. In Jurnal Psikogenesis (Vol. 7, Issue 1).
Elianor Charlos Dolok Sarib. (2015). Tingkat Pemahaman Siswa Terhadap Bullying Pada Kelas Ix Smp N 8 Cilacap.
Hasanah, M., Nursalim, M., & Si, M. (N.D.). Pengaruh Bullying Terhadap Percaya Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Upt Smp Negeri 14 Gresik.
Herawati, N. (2019). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Pada Anak. In Ners: Jurnal Keperawatan (Vol. 15,
Issue 1).
Iceu Rochayatiningsih. (2013). Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kepada Fakultas Dakwah Uin Saifuddin Zuhri
Purwokerto, D. K. (N.D.). Hubungan Kontrol Diri Dalam Menghadapi Bullying Pada Mahasiswa Angkatan 2020 Yang Memilih Berstatus Lajang Di Program Studi Bki Fakultas Dakwah Uin Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Skripsi.
Pustaka, K., Berpikir, K., Hipotesis, D., & Kajian Pustaka, A. (N.D.). Bab Ii.
Pustaka, T., & Teori, A. L. (N.D.). Bab Ii.
Qorry Oktavia Permata Putri. (2022). Upaya Unicef Mengatasi Bullying Dan Hukuman Fisik Di Sekolah Indonesia Tahun 2018-20201. 3171–3183.
Riries Nahdliyatul Awaliyah, G., & Jurusan Bimbingan Dan Konseling, S. (2014). Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application Meningkatakan Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying Melalui Konseling Individu
Teknik Homework Assigment. 58 Ijgc, 3(1). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/JbkS_Plb_0606990_Chapter3. (N.D.). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. (N.D.).
Thalha, O., Dan, A., Anufia, B., & Islam, E. (N.D.). Resume: Instrumen Pengumpulan Data.
Yubilia Keysinaya, E. (2022). Peran Unicef Indonesia Menangani Perundungan Di Sekolah Melalui Program Roots. Online) Sospol: Jurnal Sosial Politik, 8(2), 207–224.Https://Doi.Org/10.22219/Jurnalsospol.V8i2.22258
Refbacks
- There are currently no refbacks.