Peran Pancasila Dalam Menangani Dekadensi Moral

Dimas Agustian, Tegar Surya Gemilang, Yuni Pransiska Simanjuntak, Reza Furli Nur Rahmah, Nazwa Inaaea Sabila, Erna Sari, Fiska Fajriani

Abstract


Pancasila pada masa ini sangat berperan dalam memperkuat moral untuk membangun dan memajukan bangsa. Jurnal penelitian ini menjelaskan terkait peran pancasila dalam menangani dekadensi moral para siswa dan cara mewujudkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap unsur pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai nilai pancasila dengan realisasi dekadensi moral dilapangan. Secara tertulis, penelitian ini diteliti dengan menggunakan metode kualitatif dengan pembahasan yang diperoleh dari studi literatur kepustakaan dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan artikel terdahulu serta terlibat langsung dalam proses pengumpulan data melalui metode survey dengan menyebarkan kuisioner. Hasil yang ditemukan bahwa masyarakat Indonesia khususnya para pelajar harus lebih mengimplementasikan ke dalam kehidupannya sehari-hari, masyarakat Indonesia akan menjadikan manusia yang bereksistensi memiliki moralitas yang baik. Hal itu dikarenakan pancasila merupakan pedoman hidup dan sebagai dasar negara Indonesia. Mengimplementasikan pancasila dapat dilakukan dengan cara studi atau pembelajaran di dunia pendidikan, dalam lingkungan keluarga, dan dalam lingkungan masyarakat. Dalam hal ini pancasila berperan untuk menerima dan menyaring informasi yang masuk agar bangsa Indonesia khususnya generasi muda tidak kehilangan jati dirinya sebagai generasi muda penerus bangsa. Oleh karena itu, penting untuk memahami pancasila sebagai dasar etos, serta ideologi dan mekanisme pertahanan diri untuk menghadapi kemerosotan dekadensi moral pada masa mendatang.

Kata kunci : dekadensi moral, Pancasila


References


M. Iskarim, F. Tarbiyah, I. Keguruan, and I. Pekalongan, “Dekadensi Moral

di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa),” 2016.

Y. Angga Fakurulloh and S. Menengah Pertama Negeri, “Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Peran Pendidikan Pancasila dalam Membangun Karakter Peserta Didik,” 2022. [Online]. Available: https://journal.actual-insight.com/index.php/educare

Y. Angga Fakurulloh and S. Menengah Pertama Negeri, “Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Peran Pendidikan Pancasila dalam

Membangun Karakter Peserta Didik,” 2022. [Online]. Available: https://journal.actual-insight.com/index.php/educare

Zalfaa Azalia Pursita, “Degradasi moral adalah menurunnya tingkah

laku manusia akibat tidak mengikuti hati nurani. Degradasi moral yang

perlu mendapat perhatian antara lain eksploitasi anak, narkoba, mengungkapkan seksual wanita, korupsi, serta kurangnya adab dan

etika generasi muda,” uns.

D. S. Hanifa and D. A. Dewi, “IMPLEMPLEMENTASI PANCASILA TERHADAP MORAL MANUSIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 10, no. 1, 2021.

D. Oktaviana, & Dinie, and A. Dewi, “PERAN PANCASILA DALAM

MENANGANI KRISIS MORALITAS DI INDONESIA,” Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 1, 2022.

Rani Nissa Khansa, “Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang terdiri dari dasar-dasar pedoman atau aturan mengenai tingkah laku yang penting dan baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini juga menjadi salah satu fungsi dan peranan Pancasila sebagai pandangan hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Namun dewasa ini masyarakat Indonesia cenderung tidak menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidupnya, sehingga banyak permasalahan-permasalahan yang timbul.,” kompasania.

Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, “Analisis Ancaman dalam

Kehidupan Nasional Indonesia. ”Dengan variabel Sub tema“Membangun Ketahanan Nasional melalui Bela Negara menghadapi Berbagai Tantangan Kedepan yang Semakin Dinamis,” Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.